Uncategorized

Hujan Ekstrem Tertinggi dalam 31 Tahun, Kita Mesti Tetap Bersyukur dan Bersabar

AsSAJIDIN.COM — Sabtu 25 Desember 2021 sejak dini hari hujan deras mengguyur Palembang yang kemudian dilaporkan terjadi genangan pada berbagai titik.

Kepala Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan, Wandayantolis mengatakan Curah hujan tercatat pada Staklim Palembang sebesar 159.7 mm. Ini adalah rekor tertinggi curah hujan pada Bulan Desember sejak 31 tahun terakhir. Adapun dalam catatan klimatologis sepanjang bulan, curah hujan tersebut berada pada ranking ketiga dalam semua catatan hujan Januri hingga Desember dalam 31 tahun tersebut.

“Berdasarkan data sementara, sebaran curah hujan 24 jam terakhir sebagai berikut, BMKG di Kenten: 159.7 mm, BMKG di Musi II: 164.6 mm, BMKG SMB: 59.5 mm, Pos Lahat: 89 mm, Pangkalam Balai: 65 mm, Sungai Keruh MUBA: 96 mm, Sinar Peninjauan OKU: 90.2 mm, Merapi Barat: 85 mm, Sungai Lilin: 102 mm, Muara Padang: 72 mm.

Lihat Juga :  Haul Keluarga Besar Kemas H Halim, Syech Ali Jabber Ingatkan Perbanyak Sedekah di Akhir-akhir Ramadhan

Peringatan dini hujan ekstrem tersebut telah dirilis oleh Stasiun Meteorologi SMB sejak pukul 02.30 di mana untuk peringatan dini keseluruhan wilayah Sumsel telah dirilis sejak awal pada 24 Desember 2021 pukul 20.50 wib.

Sementara itu, dari berbagai informasi warga sekitar kota Palembang. Griya mutiara 2 yang beberapa waktu kemarin sempat surut usai dikunjungi wawako kini tenggelam lagi lebih parah daei sebelumnya usai curah hujan yang tidak berhenti.

Banjir kembali rendam pemukiman Ratusan warga di Griya mutiara 2, Griya Buana indah 2, Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang, Kelurahan Sukabangun.

Lihat Juga :  BPOM akan Seleksi Jajanan Pempek Jelang Asian Games

“Selama banjir, Rumah saya tidak pernah sampai kemasukan air sampai lutut. baru hujan kali ini. hujan deras dari dini hari sampai subuh tidak berhenti sampai runah banjir tinggi,”Ujar andi yang berlokasi di daerah Sukabangun 2. (tri jumartini)

Back to top button