SYARIAH

One Day One Ayat : Quran Surat Al Anfal : 29, Ganjaran Bagi Orang Bertakwa

ASSAJIDIN.COM — Banyak ayat Allah SWT yang memberi petunjuk betapa beruntungnya orang-orang  yang mencapai takwa.

Dengan mencapai predikat takwahlah semua dosa kita akan diampuni Nya. Sebagaimana Allah jelaskan dalam firman Nya Qs.8:29

Artinya : “ Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. dan Allah mempunyai karunia yang besar.”

Lima rukun Islam yang kita kenal selama ini yakni membaca syahadat, shalat, puasa, zakat dan naik haji bila mampu, semua tujuannya adalah mencapai takwa.  Puasa di bulan Ramadhan adalah alat untuk membakar dosa agar kita mencapai tujuan puasa yaitu bertakwa kepada Allah. Zakat, infak, sadakah, sholat semuanya adalah agar  mendapat/mencapai furqaan, dijauhkan dari kesalahan dan diampuni dosa-dosa juga mendapatkan karunia yang besar dari Allah hingga tujuan akhirnya takwa.

Lihat Juga :  Menelisik Keajaiban Al Quran dan Dunia Sains

Apa itu takwa? Kita kembalikan kepada ayat Allah, Quran Surat Ali Imran ayat 133-134

berbunyi:

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
“Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa”

Ayat tersebut kemudian diakhiri dengan kalimat al-Muttaqin yang selanjutnya dijelaskan pada ayat ke 134 yang berbunyi:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
“(yaitu) orang-orang yang berinfaq, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema‟afkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan”.(*)

Back to top button