SYARIAH

1001 Manfaat Surat Alwaqiah

ASSAJIDIN.COM – Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat islam yang akan memandu setiap muslim untuk menggapai hidup yang sukses, baik di dunia maupun di akhirat. Selain sebagai petunjuk, Al-Qur’an juga sebagai nasihat, obat, hidayah, dan sebagai rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Selain dapat dipahami secara tekstual, Al-Qur’an juga dapat digali kandungan makna dan hikmahnya yang luas, di antaranya dengan pemaknaan secara praktis di luar teksnya, seperti penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an secara kontekstual yang diyakini oleh masyarakat dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif dalam kehidupan.

Dalam lintasan sejarah islam, praktik memperlakukan ayat atau surat-surat tertentu dari Al-Qur’an sehingga memberi makna dalam kehidupan praktis sudah terjadi ketika Nabi Muhammad masih hidup, menurut riwayat, salah satu surat yang memiliki manfaat dan keutamaan ialah surat Al-Waqiah yakni,

Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqiah di setiap malam, maka ia tidak akan ditimpa kemiskinan selama-lamanya”

Surat Al-Waqiah adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari. Surat ini merupakan surat ke 56 pada juz ke 27 yang terdiri dari 96 ayat dan termasuk golongan surat Makiyyah. Surat ini dinamai Al-Waaqi’ah (Hari Kiamat), yang diambil dari perkataan Al-Waaqi’ah dalam ayat pertama.

Lihat Juga :  10 Rumus Dalam Menghadapi Kesulitan, Disarikan dari Beberapa Ayat Alquran

Isi kandungan surat Al-Waqiah ini menceritakan bagaimana peristiwa hari kiamat yang akan terjadi dan apa balasan yang diterima oleh orang-orang mukmin dan orang-orang kafir. Selain itu, juga membahas mengenai penciptaan manusia, api, dan tumbuh-tumbuhan sebagai bukti adanya kekuasaan Allah SWT serta menunjukkan bahwa adanya hari kebangkitan.

Surat Al-Waqiah menyimpan banyak manfaat bagi seorang muslim yang membacanya secara rutin setiap hari.

Perspektif Surat Al waqiah di antaranya:

Surat Al-Waqiah Amalan Terbaik Bagi Perempuan

Surat Al-Waqiah merupakan amalan terbaik bagi perempuan, yakni sebagai pelindung bagi dirinya dari segala kemudaratan yang ada di dunia dan juga agar terhindar dari kemiskinan.

Lihat Juga :  One Day One Ayat : QS Al-Araf 199, Jadilah Engkau Seorang Pemaaf, inilah Balasan Allah SWT

Merupakan Doa Wirid

Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah sebagai doa wirid, maka Allah SWT akan memberikan kesenangan dan kemudahan kepadanya.

Menghindarkan dari Kemiskinan

Bagi siapa saja yang membaca surat Al-Waqiah secara rutin setiap hari dan menjadikannya sebagai suatu kebiasaan serta membacanya pada satu malam, maka dirinya akan dihindarkan dari kemiskinan.

Melancarkan Rezeki

Membaca surat Al-Waqiah selama 40 hari dan 40 malam, maka selama itupun rezeki kita akan dimudahkan dan mengalir deras dari berbagai penjuru.

Dengan melihat kedudukan surat Al-Waqiah yang sedemikian besar khasiatnya untuk mendatangkan rezeki bagi kita. Oleh sebab itu, marilah mulai sekarang membaca surat ini secara rutin setiap hari atau setiap malam dan ajarkan kepada anak-anak, istri, dan saudara-saudara sesama muslim. Karena sesungguhnya, surat ini adalah surat kekayaan.

Namun yang lebih penting dari semua itu adalah mengamalkan aturan yang ada dalam Alquran, dengan tujuan meraih ridho Allah. (*/sumber: bincangsyariah)

Back to top button