MUSLIMAH

Antara Jilbab dan Akhlak

ASSAJIDIN.COM — Jilbab dan Akhlak adalah dua hal yang berbeda.
Berjilbab adalah murni perintah allah, Wajib untuk wanita muslimah yang sudah baligh dan berakal, Tanpa memandang akhlaknya sudah baik atau buruk.

Sedangkan Akhlak dan budi pekerti yang bergantung pada ke pribadian masing-masing.

Zaman sekarang sering banget jadi perdebatan antara jilbab dan akhlak, Padahal jilbab dan Akhlak adalah dua hal yang berbeda. Tapi sering kali disangkut pautkan. Banyak dari mereka yang berkata;

“percuma berjilbab tapi munafik.”
“percuma berjilbab tapi akhlaknya kurang baik.”
” percuma berjilbab tapi sholatnya masih bolong-bolong.”
“percuma berjilbab tapi omongannya pedas”dll..

Didunia ini tidak ada kata percuma kalau kita berbuat baik. Berjilbab itu wajib bagi seluruh muslimah, Dan tidak ada sangkut pautnya dengan Akhlak. Jika mereka berjilbab namun Akhlaknya kurang baik. Kenapa yang kalian hina adalah jilbabnya.

Lihat Juga :  Hukum Kuku Panjang dalam Pandangan Islam

Harusnya kalian nasehati dia, Do’akan dia, Agar dia mampu memperbaiki akhlaknya. Bukan malah menghinanya dan memintanya untuk membuka hijabnya karena Akhlak dan perilakunya yang masih kurang baik.

Hijab itu adalah kewajiban bagi setiap muslimah sebagaimana yang sudah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا
“Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”
(QS. Al-Ahzab: 59)

Lihat Juga :  Cerita Hijrah Natasha Rizky, Sembuh dari Sakit setelah Berhijab

Dari ayat di atas sudah sangat jelas bahwa perintah berjilbab untuk seluruh wanita yang merasa dirinya seorang muslimah. Tidak ada pengecualian dalam berjilbab harus nunggu baik dulu, Harus punya Akhlak yang baik dan lain semisalnya.

Jadi, jangan hina jilbabnya hanya karena Akhlak dan perilakunya yang kurang baik. Karena jilbab adalah sebuah mahkota bagi setiap wanita muslimah.

Saudariku….

Pertahankanlah jilbabmu, Sembari kamu memperiki akhlak dan perilakumu. Jangan hiraukan mereka yang menghinamu tetaplah pertahankan jilbabmu sembari kamu belajar untuk memperbaiki Akhlak, Perilaku dan cara berpakaianmu yang sesuai dengan syariat. Semoga cela’an dari mereka mampu menjadi pemacu semangatmu dalam berbenah diri dan istiqamah di dalamnya. (*/SUMBER: MOTIVASI HIDUP PENYEJUK HATI)

Back to top button