Uncategorized

Ramah Lingkungan, TMPJ Rencanakan Ganti Bus Listrik

ASSAJIDIN.COM — Dinilai lebih ramah lingkungan, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Transmusi Palembang Jaya (TMPJ) berencana untuk mengganti unit armada bus berbahan bakar minyak (BBM) saat ini dengan bus bertenaga listrik.

Direktur Utama (Dirut) PT TMPJ, Anthony Rais mengatakan, TMPJ akan mengoperasikan bus bertenaga listrik untuk menggantikan armada layanan Teman Bus berbahan BBM secara bertahap. “Kita sudah lakukan rapat pertama untik koordinasi,” katanya.

Anthony mengatakan, rencana penggantian unit armada bus Trans Musi Teman Bus ini memang dilakukan pihaknya untuk beberapa tahun kedepan. Dengan menggunakan anggaran perusahaan atau beli sendiri.

“Saat ini kita masih dalam tahap pembahasan. Karena penggantian armada dari BBM ke listrik ini perlu banyak pertimbangan,” katanya.

Lihat Juga :  Libur Panjang, Yuk Cobain Off Road di Punti Kayu, Rasakan Sensasi Jelajahi Alam Hijau, Biayanya Terjangkau

Namun diperhitungkan rencana ini dapat terealisasi pada tahun 2023 mendatang. Sebab saat ini kota yang menjadi pilot project bus listrik juga belum terlaksana.

“Perkiraan di 2023 untuk bus listrik, belum sekarang. karena untuk Jakarta dan Surabaya juga belum untuk penggunaan bus listrik ini,” katanya.

Soal cost, bus listrik ini juga masih dikaji, karena belum tahu juga kalau tenaga listrik ini seperti apa ketahananya. “Yang pasti ke unggulan dari bus listrik ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan bus BBM, ” katanya.

Sementara itu, PT TMPJ saat ini mengelola operasional sebanyak 66 bus dengan empat koridor, dimana operasional empat koridor “Teman Bus” ini meliputi Alang- Alang Lebar- Dempo, Sako- Asrama Haji, Jakabaring- Plaju dan Alang-Alang Lebar- Talang Jambe. Dengan jam operasional mulai pukul 04.30 sampai 20.30 wib.

Lihat Juga :  Putra Alm KH Kgs A Nawawi Dencik Al-Hafidz Kiai H.Rasyid Siddiq Al Hafidz Jadi Imam shalat Jenazah

“Operasional bus besar yakni ada 19 bus dan 2 cadangan. Sedangkan bus kecil ada sebanyak 40 busdan 5 cadangan,” katanya.

Trans Musi Teman Bus dikelola oleh PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) sejak 2 Juni 2020. Teman Bus Trans Musi yang merupakan program Buy The Service Kementerian Perhubungan ini masih gratis melayani di empat koridor tersebut. (*/pitria)

Back to top button