Uncategorized

Alhamdulillah, Gubernur Sudah Teken Gaji ke-13 ASN, Kapan Cairnya?

AsSAJIDIN.COM — Pencairan Gaji Ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di ruang lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) diprediksi akan cair dua pekan mendatang. Hal ini diungkapkan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Akhmad Najib saat diwawancarai di Kantor Pemprov Sumsel, Jum’at (11/06/2021).

Najib mengatakan, Gubernur Sumsel, H Herman Deru telah meneken surat permohonan pencairan gaji ke-13 untuk ASN yang ada di ruang lingkup Pemprov Sumsel. “Ya, pak gubernur sudah meneken surat permohonan pencairan gaji ke-13 ini,” katanya

Lanjutnya, dengan telah ditekennya surat permohonan tersebut maka masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah bisa melakukan pencairan Gaji ke-13 tersebut. “Untuk pencairannya masing-masing OPD mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD),” ujar Najib

Najib mengungkapkan, sesuai PP No. 63 tahun 2021 tentang Gaji Ke-13, besaran yang akan diberikan mencapai satu kali gaji pokok ASN aktif dan Pensiunan beserta tunjangan yang melekat pada gaji mereka. “Seluruh ASN akan mendapatkan gaji ke-13 sesuai dengan ketetapan pusat karena sudah diatur dalam PP,” ungkapnya

Lihat Juga :  Kasus Andi Arief, Sandiaga : Indonesia Sudah Darurat Narkoba

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Rika Efianti mengatakan, permohonan pencairan gaji ke-13 sudah diteken oleh Gubernur Sumsel Herman Deru. Menurut rika, prosesnya saat ini tinggal pencairan di BPKAD Sumsel.
“Kalau tidak ada halangan, dua minggu lagi sudah bisa cair,” katanya.
Kepala BPKAD Sumsel, H Akhmad Mukhlis mengatakan pengajuan SPM sudah bisa dilakukan mulai Jumat (11/6). Besaran dana yang akan disalurkan sesuai dengan pengajuan pembayaran gaji di bulan Juni. “Sudah bisa diajukan hari ini. Kami juga sudah minta Kepala OPD maupun bendahara untuk segera mengajukan SPM agar bisa cepat diproses,” pungkasnya.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Hermam Deru mengatakan pencairan Gaji ke-13 ASN Pemprov Sumsel paling lambat dua pekan mendatang.
Plh Sekda Provinsi Sumsel Akhmad Najib mengatakan proses pencairan gaji sudah bisa dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan mengajukan Surat Perintah Membayar (SPM) kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).
“Seluruh ASB akan mendapatkan gaji ke-13 sesuai dengan ketetapan pusat,” kata Najib saat dibincangi usai kegiatan di Graha Bina Praja, Jumat (11/6).
Menurutnya, sesuai PP No. 63 tahun 2021 tentang Gaji Ke-13, besaran yang akan diberikan mencapai satu kali gaji pokok ASN aktif dan Pensiunan beserta tunjangan yang melekat pada gaji mereka. “Sudah diatur dalam PP. Jadi peruntukannya bagi ASN maupun pensiunan,” ucapnya.
Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Rika Efianti menuturkan permohonan pencairan gaji ke-13 sudah diteken oleh Gubernur Sumsel Herman Deru dan proses saat ini tinggal pencairan di BPKAD Sumsel. “Kalau tidak ada halangan, dua minggu lagi sudah bisa cair,” katanya singkat

Lihat Juga :  PAD Palembang Ditargetkan Naik Rp 500 Miliar

Sementara itu, Kepala BPKAD Sumsel, H Akhmad Mukhlis mengatakan, pengajuan SPM sudah bisa dilakukan mulai Jumat (11/06/2021) dan besaran dana yang akan disalurkan sesuai dengan pengajuan pembayaran gaji di bulan Juni. “Sudah bisa diajukan hari ini. Kami juga sudah minta Kepala OPD maupun bendahara untuk segera mengajukan SPM agar bisa cepat diproses,” katanya (MN)

Back to top button