KALAM

Mengenal Para “Penjaga” Masjidil Haram

ASSAJIDIN COM — Mereka siapa sih? Kok berdiri didepan orang-orang yang sedang sholat? Memang mereka tidak sholat ya?.

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang banyak sekali ditanyakan oleh banyak kaum muslimin.

Pertama, mereka adalah askar/polisi yang bertugas di Masjidil Haram. Tugas mereka sangat vital dalam menjaga kekondusifan di Masjidil Haram. Mereka ditempatkan di titik-titik Masjidil Haram. Hampir di setiap titik kita akan melihat para askar yang sedang bertugas. Selain menjaga kekondusifan di Masjidil Haram, mereka juga bertugas menjaga para imam, pengajar Masjidil Haram, muadzin, dan para pejabat yang sedang berada di Masjidil Haram.

Lihat Juga :  Lima Peristiwa Penting yang Terjadi pada Hari Jumat

Ketika para imam sedang memimpin sholat atau sedang berkhutbah maka mereka akan berada di posisi terdepan, tak lain dan tak bukan adalah untuk menjaga para imam. Para askar juga ditempatkan pada shaf-shaf pertama di Masjidil Haram.

Kedua, berdiri didepan orang yang sholat adalah tidak masalah, selama sholat berjamaah sedang berlangsung. Mengapa? Karena suthrahnya makmum berada di imam. Maka tidak jadi masalah jika mereka para askar berdiri di depan orang-orang yang sedang sholat. Namun, terdapat pengecualian, suthrah dalam sholat berjamaah terdapat di imam, maka hanya imam yang tidak boleh dilewati oleh orang lain, termasuk askar.

Lihat Juga :  Makin Deras Desakan Penyerahan Kekuasaan Mahatir Mohammad Kepada Anwar Ibrahim

Ketiga, mereka para askar akan melaksanakan sholat berjamaah setelah jamaah utama selesai. Nah, sekarang gak penasaran lagi kan? (*/Sumber:Reposted from Haramain.Notes)

Back to top button