LENTERA

Membudayakan Rukun Islam dalam Kehidupan Sehari-hari (1)

AsSAJIDIN.COM — Rukun Islam adalah suatu sistem kontrol yang murah, ekonomis, efisien untuk memelihara ketakwaan manusia dari lahir, masa kanak-kanak, masa remaja dan dewasa. Melalui ritual azan, bersyahadat, berwudhu, bersalat, berpuasa, berzakat, berhaji, umrah dan berqurban.

Makna rukun Islam pertama, syahadat. Melalui rukun Islam manusia senantiasa diingatkan Allah untuk menyembah Allah agar bertaqwa. Hal ini diingatkan Allah minimal 5 kali mendengarkan syahadat dalam satu hari melalui azan sebelum shalat wajib.

“Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu Dan orang-orang yang sebelummu, Agar kamu bertakwa”(Al Qur’an surat Al Baqarah (02) ayat 21)

Lihat Juga :  5 Doa agar Ujian Lancar dan Mendapat Nilai Bagus, Ayo Diamalkan

Firman Allah yang lain.“(yaitu) sembahlah olehmu Allah, Bertakwalah kepada-Nya dan taatlah kepadaku” (Al Quran surat Nuh (71) ayat 3):

“Barangsiapa yang menyaksikan bahwa tiada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa Dan tidak bersekutu, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, Dan bahwa Isa adalah hamba dan utusannya serta kalimah-Nya yang disampaikan kepada Maryam dan ruh daripadanya; Serta menyaksikan bahwa syurga dan neraka itu adalah hak (benar-benar  ada), Maka Allah akan memasukkannya ke dalam syurga sesuai dengan apa yang ia kerjakan” (Hadits riwayat Bukhari & Muslim)

Lihat Juga :  Tadabbur Alam dalam Islam, Apa Maksudnya?

Diharapkan dengan mengerjakan adzan atau mendengarkan adzan minimal lima kali sehari, membaca syahadat , ketakwaan manusia akan terpelihara dari waktu ke waktu agar dapat mewujudkan kehidupan manusia yang islami yaitu : selamat  sejahatera rukun damai, aman tentram, tenang dan bahagia.(*/bersambung)

Back to top button