Uncategorized

Terima 373 Layanan Publik, MPP Palembang Terinspirasi Negara Azerbaijan

AsSAJIDIN.COM — Berdiri di lahan seluas 2 hektar dan melayani 373 layananan yang dikeluarkan, Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Palembang yang terletak di Jalan Gubernur H Bastari, Jakabaring ini diklaim terbesar di Indonesia dan terinspirasi dari negara Azerbaijan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo hadir meresmikan langsung MPP Kota Palembang, Jumat (27/11/2020).

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, MPP Palembang dipersiapkan sejak 2018 setelah terinspirasi dari pelayanan publik di Azerbaijan. “Kami kirim pejabat ke tiga negara salah satunya Azerbaijan untuk melihat bagaimana pelayanan publik di sana, kami merasa sanggup untuk membuatnya juga,” katanya.

Ada 28 instansi yang bergabung dengan 373 layanan yang dikeluarkan. Untuk mendapatkan layanan disini, masyarakat akan dilayani dengan sangat baik dan tidak perlu menunggu waktu lama. Masyarakat yang datang akan mengambil nomor antrian lalu akan memilih layanan yang akan dituju.

Lihat Juga :  Pulang Kondangan Gubernur Terpilih Herman Deru Jajal LRT, Begini Komentar Serunya

“Setelah mendapatkan layanan yang dituju maka akan diproses secara cepat dengan instansi yang bersangkutan, diproses sesuai SOP yang ada,” katanya.

Dengan luas lahan 2 hektar, lahan ini merupakan hibah dari Provinsi. Gedung ini dibangun 2007, selesai di Tahun 2010 dengan nama gedung ini pertama kalinya yaitu gedung Sriwijaya Promosi Center (SPC).

“Di MPP ini bahkan ada yang tidak ada di tempat lain, yaitu Drive Thrue SIM dan STNK, MPP Palembang juga menyediakan layanan antar dokumen dengan ojek online yang membuat masyarakat tidak perlu menunggu hasil pengurusan terlalu lama,” katanya.

Lihat Juga :  Yang Mau Hijrah Boleh Gabung, PPPA Daarul Quran Kenalkan Hira di Palembang Icon

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo juga menyampaikan apresiasi atas atas apa yang dilakukan oleh Walikota Palembang, Harnojoyo.

“Niat mempermudah masyarakat untuk masuk dalam satu pintu sudah selesai. Jadi tidak banyak untuk memakan waktu dalam pelayanan,” katanya.

Tjahjo Kumolo juga menyampaikan pesan kepada Pemerintah kota Palembang, khususnya Walikota Palembang untuk terus memonitoring Mall Pelayanan Publik tersebut. “Yang pastinya terkait kecepatan melayani ini serta kepuasan masyarakat itu sendiri,” katanya. (*/sumber: assajidingroup/Kamayel Ar-Razi)

Back to top button