KESEHATAN

200 Ribu Warga Palembang “Belum Merdeka” Layanan Kesehatan

ASSAJIDIN.COM –Saat ini sudah 95 persen masyarakat Kota Palembang sudah tercover BPJS Kesehatan. Meski terisa 5 persen, namun jumlahnya cukup banuak. Sekitar 200 ribu orang lagi belum merdeka dalam layanan kesehatan alias belum masuk kepesertaan BPJS Kesehatan.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, Pemerintah Kota Palembang berupaya akan mendorong mereka untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan baik mandiri ataupun ditanggung pemerintah agar capaian Universal Health Coverage (UHC) mencapai 100 persen.

“Masih 200 ribu atau 5 persen orang lagi belum tercover BPJS Kesehatan. Kita akan data, apakah nanti mandiri, dicover perusahaan atau sisanya kita,” katanya.

Lihat Juga :  Peserta BPJS Kesehatan Lega Iuran BPJS Urung Naik, Tutupi Tagihan Iuran Tiga Bulan ke Depan

Ia mengatakan, meski masih ada masyarakat yang belum tercover tetapi tetap menjadi tanggung jawab pemerintah. Jika yang tidak mampu, bisa mendaftar ke Dinas Sosial (Dinsos) untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan yang dicover pemerintah.

“Saya juga mengimbau agar pelayanan kesehatan secara gratis baik tingkat puskesmas maupun RS Bari dapat terus berjalan, baik masyarakat yang belum memiliki KIS maupun sudah punya,” katanya.

Menurutnya, saat ini pihaknya terus melakukan verifikasi bersama Dinsos untuk mendata masyarakat yang belum masuk menjadi peserta. Untuk menanggung masyarakat tidak mampu ini, pemerintah kota sudah menganggarkan sekitar Rp8 miliar.

Lihat Juga :  Dua Obat Utama dalam Islam Menurut Dr Zaidul Akbar

“Alhamdulillah tingkat puskesmas bisa melayani, begitu juga RS Bari siap mengcover, karena mendapatkan jaminam kesehatan adalah hak seluruh masyarakat,” katanya. (*/Sumber: maklumatnews.com/Kamayel Ar-Razi)

Back to top button