Uncategorized

H Abadil Beberkan Tiga Kunci Sukses dalam Memimpin

ASSAJIDIN.COM — Menjadi seorang pemimpin tentunya harus mempunyai langkah langkah yang bijak dalam kepemimpinannya. Termasuk menjadi Kepala Madrasah dituntut mampu menyikapi setiap kondisi seperti sekarang ini, kondisi darurat kesehatan yang saat ini menimpa bangsa Indonesia.

Para Kepala Madrasah harus bisa merancang program yang tepat sebagai langkah kebijakan di Madrasah masing-masing. Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil S.Ag, M.Si saat memberi arahan kepada puluhan kepala Madrasah se Sumsel.

Sebanyak 77 kepala madrasah se-Sumsel menghadiri Sosialisasi Penerapan Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19 sekaligus pemilihan pengurus Musyawarah Kelompok Kepala Madrasah (MKKM) Sumsel di Aula MAN 3 Palembang, Rabu (19/8/2020).

“Kehidupan ini penuh dengan simbol dan makna. Kita harus cerdas membaca dan mengekspresiasikan diri dengan simbol-simbol yang ada. Seperti komunikasi melalui media sosial dan didukung teknologi handphone yang canggih. Kita cukup menggunakan simbol tertentu untuk mengekspresikan sesuatu yang kita lihat dan baca, dan itu sudah membuat orang lain mengerti maksudnya,” ujar Abadil.

Lihat Juga :  Motivasi dari Ustad Hanan Attaki Buat Pemuda Pemudi yang Ingin Hijrah

Abadil menyampaikan tiga kunci sukses dalam memimpin. Tiga poin tersebut yaitu memahami regulasi administrasi, cerdas berkomunikasi, dan mampu berinovasi.

“Saat pandemi Covid-19 ini, warga sekolah dilema. Kepala madrasah harus memahami beberapa regulasi untuk masa ini, seperti kebijakan sekolah tatap muka, kurikulum darurat dan lain sebagainya. Selanjutnya kepala madrasah harus pintar melakukan komunikasi kepada masyarakat sehingga tidak terjadi miskomunikasi atau bahkan menyebabkan orang ber-suudzon. Jangankan dengan manusia, komunikasi kepada Allah SWT lewat doa saja harus memiliki ilmu dan beretika,” katanya yang datang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Drs. H. Khusrin M.Si dan Kasubbag Humas Dr. H. Saefudin M.Si.

Lihat Juga :  Apa-apa Terbatas karena Pandemi, Peran Tokoh Agama Penting Cegah Perpecahan

Lebih lanjut Abadil berharap, Inovasi di setiap Madrasah harus terus dikembangkan. Ditambah Madrasah saat ini sudah menjadi idola. Dia juga mengingatkan, salah satu amanah Gubernur Sumsel untuk Madrasah adalah agar mempertahankan program rumah tahfiz. “Mari kita bekerja dan mempertahankan yang sudah baik. Gubernur meminta Kemenag untuk melanjutkan dan mengembangkan program rumah tahfiz di madrasah yang selama ini telah dijalankan,” kata Abadil.(*/sumber: rilis kemenag)

Penulis : tri jumartini

 

Back to top button