NASIONAL

Hikmah Kemerdekaan : Rekatkan Persatuan Jauhi Perpecahan dan Permusuhan

ASSAJIDIN.COM — Plt Kakanwil Kemenag Sumsel H. Abadil S.Ag, M.Si dipercaya memimpin pembacaan doa pada upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI ke-75 Tahun 2020 di Halaman Griya Agung, Palembang, Senin (17/8).

Upacara sendiri dipimpin Gubernur Sumsel H. Herman Deru selaku Inspektur Upacara.
Peringatan HUT RI ke-75 tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peserta upacara dibatasi sesuai protokol kesehatan. Komposisi petugas terdiri dari komandan upacara sebanyak satu orang, pasukan pengibar bendara (Paskibra) sebanyak tiga orang, pasukan upacara berjumlah 20 orang berasal dari TNI dan Polri. korps musik sebanyak 24 orang, dan MC dua orang.

“Meski peringatan HUT RI ke-75 tahun ini penuh dengan keterbatasan, hal itu hendaknya tidak membatasi rasa syukur kita. Bagi masyarakat yang ingin merayakan kemerdekaan dengan menggelar lomba-lomba, harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan,” tegas Gubernur Sumsel H. Herman Deru usai upacara.

Lihat Juga :  Kurangi Beban Harga, Pemprov Sumsel Bakal Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng

Sementara itu, PLT. Kakanwil Kemenag Sumsel H. Abadil ditemui usai upacara mengucapkan selamat HUT RI ke-75 bagi warga Kemenag maupun warga Sumsel. Menurut Abadil, kemerdekaan merupakan anugerah besar dari Allah SWT dan harus diisi dengan penuh rasa syukur. “Peringatan HUT RI merupakan momentum yang tepat untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa dengan sepenuh hati dalam rangka menjauhkan perpecahan dan permusuhan,” tutur Abadil.

Dia juga berharap, wabah Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini segera diangkat dari bumi Indonesia tercinta. “Semoga di bulan yang penuh sejarah ini, Allah SWT dengan qudrat dan iradatnya mengangkat wabah Covid-19, serta melindungi bangsa dan negara kita dari keterpurukan akibat wabah ini. Meski di tengah pandemi, kita harus terus berkarya dan meningkatkan kualitas diri sehingga muncul sumber daya manusia yang unggul, maju dan berjaya, serta mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Merdeka,” tegas Abadil.

Lihat Juga :  1 Abad NU Pemikiran Pendidikan Islam Hasyim Asy’ari dan Tradisionalisme

Usai mengikuti upacara pengibaran bendera, Kakanwil melanjutkan rangkaian kegiatan peringatan HUT RI di Sumsel dengan mengikuti upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka secara virtual di Griya Agung pada pukul 09.45 WIB. Dilanjutkan menghadiri penyerahan remisi umum bagi narapidana secara virtual di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Palembang, dan upacara penurunan bendera di Lapangan Griya Agung pada pukul 17.00 WIB. (*/Sumber: rilis kemenag)

Penulis: tri j

Back to top button