Uncategorized

Cerita Livia, Taufik dan Bagus, Petugas Pengibaran Sang Merah Putih di Palembang

ASSAJIDIN.COM –Upacara kenaikan bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 di Kota Palembang berlangsung tidak seperti biasanya. Pasukan pengibar bendera hanya dilakukan oleh tiga dari anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Palembang angkatan 2019.

Ketiganya merupakan anggota Paskibraka angkatan 2019 yakni Livia Andini Putri dari SMA 17, Taufik Hidayat dari MAN 2, Rio Bagus Pratama dari SMA 3. Ketiganya duduk di kelas 12 dan merupakan petugas pengibar bendera tahun sebelumnya.

Livia Andini Putri mengatakan, upacara kali ini terasa berbeda. Biasanya pengibaran bendera diiringi oleh pasukan 17, 8 dan 45. Kali ini hanya tiga orang petugas saja.

Lihat Juga :  Makna Berhaji dalam Rukun Islam

“Biasanya perempuan di pasukan pengibar ini hanya bertugas membawa baki. Tapi sekarang mengibarkan bendera,” katanya, saat ditemui usai upacara di Rumah Dinas Walikota Palembang, Jalan Tasik, Senin (17/8/2020).

Meski demikian ia bersyukur masih dipercaya untuk bertugas mengibarkan bendera. Tahun ini pengibar tanpa seleksi karena diambil dari pasukan tahun lalu. Sehingga hanya dilakukan latihan saja sejak 11 Agustus lalu.

“Nanti yang bertugas menurunkan bendera sorenya itu beda orang lagi,” katanya.

Taufik Hidayat menambahkan, anggota Paskibraka yang bertugas biasanya saling menyemangati dengan menyorakkan yel-yel. “Tahun ini tanpa yel-yel dan undangan pun sedikit, jadi yang nonton kita juga sedikit,” ujarnya.

Lihat Juga :  Lima Bahan Alami ini Ampuh untuk Memanjangkan Bulu Mata

Senada itu, Rio Bagus Pratama mengatakan, dengan perayaan kemerdekaan ini semoga semangat juang para pemuda Indonesia bertambah kuat dan Indonesia semakin jaya. “Semoga Covid-19 cepat berlalu dan kita segera bisa melewati ini,” katanya. (Kamayel Ar-Razi).

Back to top button