HAJI & UMROH

Setengah Juta WNI Insyaallah Tetap Bisa Berhaji Tahun ini

ASSAJIDIN.COM — Seekitar setengah juta atau 500 ribu warga negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di Arab Saudi punya peluang untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Seperti diketahui, Kerajaan Arab Saudi telah memutuskan tetap menggelar ibadah haji 1441H/2020M. Namun, pelaksanaannya dilakukan terbatas untuk warga negara Saudi dan warga negara asing yang saat ini sudah berada di Arab Saudi.

“WNI yang tercatat di KJRI mencapai 500 ribuan orang. Namun, belum tentu semuanya mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah haji,” kata Jubir Kementerian Agama Oman Faturahman kepada JPNN.com, Selasa (23/6).

Mengenai haji khusus dan haji undangan dari Kerajaan Arab Saudi, Osman menegaskan, tidak ada tahun ini. Saudi tidak membuka pendaftaran jemaah haji dari luar negaranya, jadi semuanya hanya dari dalam Saudi sendiri.

Lihat Juga :  Jangan Bangga dengang Gelar Haji, tapi Banggalah Bila Meraih ini dari Allah

“Semua warga mukimin yang ada di Saudi punya peluang daftar haji. Namun, untuk 500 ribuan WNI sampai hari ini belum ada yang daftar,” tandasnya.

Sebelumnya, Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menjelaskan, keputusan terkait haji 1441H telah dirilis Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi pada 22 Juni 2020. Keputusan yang ditunggu oleh umat Islam di berbagai negara itu didasarkan pada alasan keselamatan seiring masih terjadinya pandemi COVID-19. Pandemi itu dialami banyak negara, termasuk Saudi sendiri.(*/sumber: jpnn)

Tags
Close
Close