MOZAIK ISLAM

Kisah Petani Miskin Penjual Gula Merah

ASSAJIDIN.COM — Seorang petani miskin selalu membawa dan menjual gula merah yang dibuat isterinya ke kota.

Isterinya selalu membuat gula merah dengan bentuk bulat dan beratnya 1 kg. Dia selalu menjual gula merah itu ke salah satu toko dan ditempat itu pula ia membeli kebutuhan-kebutuhan harian mereka.

Suatu ketika pemilik toko itu curiga dengan berat gula merah itu dan dia pun menimbangnya. Ternyata beratnya tidak sampai 1 Kg, hanya 900 Gram. Tangannya gemetar dan dadanya terasa seperti ingin meledak. “Jadi selama ini dia membohongiku. Berapa banyak kerugian yang aku alami. Penipu !” teriaknya dalam hati.

Lihat Juga :  Kisah Anak Kecil yang Robohkan Ulama yang Sombong dan Tersesat

Hari itu petani miskin itu datang ke tokonya dengan membawa gula merahnya. “Segera sumpah serapah dari mulutnya “Kamu telah menipu saya! Kamu bilang gula merah ini 1 Kg ternyata hanya 900 Gram saja !” teriak penjual toko.

Petani miskin itu menundukkan kepalanya dan berkata: “Maaf pak kami orang miskin. Kami tidak punya timbangan di rumah. Kami membeli beras di toko Bapak seberat 1 Kg dan itulah yang kami jadikan timbangan untuk menimbang gula merah, yang kami jual ke bapak”

Subhanalllah..terdiamlah si pemilik toko. Terdiam dan tentu merah muka karena malu. Semoga cerita ini bisa membawa hikmah. Berbuat baik dimulai dari diri sendiri. Amiin. (*)

Back to top button