LENTERA

One Day One Ayat: Alquran Surat Asyura 26, Syarat Dikabulkannya Doa

AsSAJIDIN.COM — Pernahkan kita bertanya pada diri sendiri, kenapa kita harus berdoa? Bukankah Allah Maha Tahu apa yang ada dalam hati bahkan pikiran kita?

Jawabannya bisa dikutip dari hadist nabi ini:

Dari al-Nu’man bin Basyir, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Doa adalah ibadah, kemudian beliau membaca ayat 60 surah Ghafir yang artinya, ‘Dan Tuhanmu berfirman: ‘Ber doalah kepada- Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah- Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam keadaan hina dina’.” (HR Tirmizi, Ibnu Majah, Abu Daud, al-Nasa’i, dan Hakim).

Lihat Juga :  Berurai Air Mata Melihatnya, Seorang Perempuan Meninggal dengan Kondisi Tersenyum, Setelah Melahirkan Bayi Kembar 3

Itulah jawabannya. Doa adalah ibadah, bila kita tidak mau berdoa, maukah kita dicap sombong oleh Allah.

Berdoa salah satu cara berkomunikasi dengan sang Pencipta. Allah menjamin setiap doa akan dikabulkan. Firman Allah Surat Ali Imrah ayat 186, yang artinya.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

Di lain ayat Alquran, Allah berfirman dalam Surat Assyura ayat 26, yang artinya
“Dia memperkenankan (doa) orang-orang yang beriman serta mengerjakan amal yang saleh dan menambah (pahala) kepada mereka dari karunia-Nya. Dan orang-orang yang kafir bagi mereka azab yang sangat keras.
Begitulah Allah menjamin kekuatan doa.

Lihat Juga :  Surat Al-infitar (Terbelah), Bacaan Arab, Latin dan Terjemahannya

Dalam surat Asyura 26 itu dijelaskan doa akan dikabulkan, tapi ada syaratnya. Apa syarat dikabulkannya doa ? Manusia diminta untuk beriman dulu dan mengerjakan amal saleh. Dengan cara apa beriman? Mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Insya Allah, Allah akan kabulkan doa-doa kita. (*)

Back to top button