KESEHATAN

Daging Kambing Berbahayakah Bagi Kesehatan?

ASSAJIDIN.COM — Daging kambing dianggap sebagian masyarakat cukup berbahaya bila dikonsumsi oleh orang orang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi atau lainnya. Benarkah daging kambing tidak menyehatkan? Coba kita simak kajian berikut ini.

Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah berkata dalam risalahnya, beliau menjelaskan yang artinya:
“Tidaklah Alloh memerintahkan sesuatu kecuali padanya terdapat berbagai mashlahat yang tidak bisa diketahui secara menyeluruh”

Hal ini sudah dibuktikan oleh orang di zaman dahulu mereka suka memakan daging termasuk daging kambing, bahkan mereka memakan lemaknya juga. Dikisahkan orang dahulu suka mengambil lemak hewan, kemudian dipotong dadu dan dikeringkan dengan cara dijemur. Disimpan atau dibawa bersafar, kemudian jika ingin dimakan tinggal “dipanaskan” atau dioles diatas roti kemudian di makan.

Daging kambing memilik keberkahan, artinya banyak kebaikan pada daging kambing ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
” Peliharalah (Manfaatkan) oleh kalian kambing karena di dalamnya terdapat barakah”

Lihat Juga :  Penyakit Difteri Mewabah, Kenali Tanda-tanda Awal Terjangkitnya

Ahli tafsir Al-Qurthubi rahimahullah menjelaskan yang artinya:
“Allah telah menjadikan berkah pada kambing di mana kambing bisa dimanfaatkan untuk pakaian, makanan, minuman, banyaknya anak, karena kambing beranak tiga kali dalam setahun, sehingga memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Kambing juga membuat pemiliknya rendah hati dan lembut terhadap orang lain”

Bahkan diriwayatkan setiap Nabi pernah mengembalakan kambing, ulama menjelaskan hikmahnya adalah karena mengembalakan kambing membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang akan membentuk karakter kebaikan pada seseorang.

Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
“tidaklah seorang Nabi diutus melainkan ia menggembala kambing“. para sahabat bertanya, “apakah engkau juga?”. Beliau menjawab, “iya, dahulu aku menggembala kambing penduduk Mekkah dengan upah beberapa qirath”

Informasi yang tersebar di masyarakat bahwa DAGING KAMBING BERBAHAYA misalnya bisa menaikan tekanan darah dan meningkatkan kolesterol, itu TIDAK BENAR. Daging kambing tidak berbahaya, yang menyebabkan naiknya tekanan darah dan naiknya kolesterol bisa jadi karena beberapa hal berikut:

Lihat Juga :  Beginilah Ritual Puasa Mempengaruhi Sistem Kerja Organ Tubuh

1. Cara pengolahan daging yang tidak sehat, misalnya memakai bumbu dan minyak yang berlebihan, terlalu lama diolah sehingga vitamin dan kandungan mineralnya hilang

2. Terlalu berlebihan mengkonsumsi daging saat “pesta daging” dan wajar saja, apa-apa yang berlebihan pasti akan menjadi racun. Dalam kedokteran dikenal ungkapan:
“Semua zat adalah (berpotensi menjadi) racun, Tidak ada yang tidak (berpotensi menjadi) racun, Dosis dan indikasi yang tepat membedakannya apakah ia racun atau obat”

3. Pola hidup di zaman sekarang yang tidak sehat, makanan tidak sehat dan gerakan yang kurang. Sehingga ada akumulasi sedikit saja kolesterol atau zat lainnya maka sudah berbahaya. (*/sumber: tulisan Ustadz dr. Raehanul Bahraen)

Tags
Close
Close