Uncategorized

Palembang Siapkan Lahan 2 Hektar Untuk Pemakaman Jenazah Covid-19

AsSAJIDIN.COM — Adanya pasien Covid-19 yang meninggal dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang. Menanggapi hal tersebut Pemerintah Kota Palembang menyiapkan lahan pemakaman seluas 2 hektar di Gandus.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, kerap kali menjadi kontra dalam pemakaman jenazah Covid-19 ini, maka Pemkot Palembang menyiapkan solusinya dengan disiapkannya lahan yang cukup luas khusus bagi pasien yang meninggal.

“Lokasinya di Kecamatan Gandus seluas 2 hektar, kita siapkan secara khusus untuk menghindari keresahan masyarakat,” katanya, Kamis (2/4/2020).

Ia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir karena setelah dilakukan pemakaman, dipastikan tidak ada dampak lagi. “Dalam proses pemakaman harus dipastikan dilakukan dengan aman, sehingga warga tidak perlu khawatir,” ujarnya.

Lihat Juga :  Ini Dia Sembilan Nama-nama yang akan Bersaing jadi Ketum PWNU Sumsel

Selain itu, masyarakat tetap diminta untuk tetap melakukan social distancing hingga kondisi benar-benar dinyatakan normal kembali. Para pegawai di lingkungan Pemkot Palembang pun diminta untuk melakukan phsycal distancing. “Jika tidak ada keperluan mendesak, sebaiknya tetap di rumah. Kami pun membatasi bertemu tatap muka dalam bekerja,” katannya.

Saat ini, setiap Rukun Tetangga (RT) di setiap kecamatan di Palembang diminta untuk mendata siapa saja yang baru datang dari luar kota terutama zona merah Covid-19 dan diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

Lihat Juga :  Kota Palembang Terus Kembangkan Wisata Halal, ini Potensi dan Lokasi-lokasi Favoritnya

Ia memastikan jika kedatangan jalur udara di bandara dan laut di pelabuhan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sudah menyiapkan standar pemeriksaan kesehatan, sehingga dipastikan aman. Sementara untuk jalur darat, pihaknya menyiapkan pemeriksaan di terminal Alang-Alang Lebar dan Karyajaya.

“Ada poskonya disana, untuk jalur darat kita upayakan penanganannya terutama meminta peran serta RT dan camat setempat,” katanya. (*/sumber: maklumatnews.com/Kamayel Ar-Razi)

Back to top button