PARIWISATA

Mie Celor Kuliner Palembang Selain Pempek yang Wajib Dicoba

ASSAJIDIN.COM –Kuliner Palembang yang paling terkenal memang pempek, makanan yang berbahan dasar sagu dan ikan (gabus/tenggiri/putak) ini menjadi idola masyarakat Sumsel khususnya Palembang.

Tapi, di Palembang tidak hanya ada Pempek. Makanan lainnya juga ada banyak yang menjadi ciri khas dari daerah yang sering disebut bumi Sriwijaya ini.

Mie Celor, salah satunya. Mie kuning yang dicampur kuah kaldu santan udang ini udah ada sejak 1953 lalu dan bertahan hingga sekarang.

Karena mie khas dari Palembang ini punya ciri khas dari kuah kaldu santan ditambah dengan potongan udang menjadi makanan yang sering dicari juga oleh wisatawan luar negeri seperti Jepang, Korea, Tiongkok, Eropa dan lainnya.

Lihat Juga :  Jembatan Sekanak Dibikin Melengkung, Perahu-Ketek Bisa Lewat di Bawahnya

Di Palembang Mie Celor yang paling terkenal salah satunya adalah Mie Celor HM Syafei Palembang. Berdiri dari 1953 dan merupakan pelopor penjual Mie Celor di Palembang, cita rasa Mie Celor ini sampai saat ini tidak berubah.

Pengelola mie Celor 26 Ilir HM Syafei Palembang Imelda Ciptadi mengatakan Mie Celor HM Syafei Palembang sudah banyak membuka cabang di Palembang.

“Pertama kali dibuka di Jalan Mujahidin Palembang, kemudian cabang kedua di sini di Pasar 26 Ilir Palembang, selain itu cabang lainnya dibuka di Jalan Akhmad Dahlan, Jalan Merdeka dan di Kenten,” katanya.

Bicara soal harga, ada beberapa menu yang ditawarkan di toko mie Celor HM Syafei, kalau di Mie Celor 26 Ilir HM Syafei menawarkan beberapa Mie Celor.

Lihat Juga :  Tak Disangka 6 Destinasi Wisata ini Ramah Muslim, Sayang untuk Dilewatkan

Seperti, Mie Celor Biasa harganya Rp 22 ribu, Mie Celor Jumbo Rp 33 ribu, Mie Celor Udang Rp 57 ribu dan Mie Celor Spesial Rp 60 ribu.

Selain itu ada makanan khas Palembang lainnya dijual di sini, Laksan seharga Rp 20 ribu satu porsinya, minuman khas Palembang yakni Es Kacang Merah Rp 15 ribu. Toko buka dari pukul 06.00 hingga 20.00. (*/sumber: maklumatnews.com/Kamayel Ar-Razi)

Tags
Close