BERITA TERKINI

Wawako Tinjau Pembangunan IPAL di Karya Mulya

 

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com — Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat membuat sistem instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) rumah tangga dengan pembangunan IPAL dan perpipaan di keluarahan Karya Mulya, Selasa (17/10).
Kusmihadi Ketua Pemeliharaan dan Pemanfaatan (KPP) menjelaskan, program pembangunan ini sudah mencapai 40-60 persen.

Cara kerjanya sendiri dari setiap perumahan akan dipasang pipa yang akan disambungkan dengan pipa utama yang akan kita buat terlebih dahulu. Setelah itu selesai maka, semua limbah cair dan padat dari rumah siap untuk dialiri. “Untuk pembangunan ini lamanya 6 bulan dengan 9 BAK berfungsi sebagai penyaringan limbah tersebut yang sudah diurai dari 50 lebih Kepala Keluarga (KK). Dengan ukuran 4 meter x 6 meter dan kedalaman 2,5 meter ini diharapkan bisa mewujukkan lingkungan yang sehat tentunya,”ungkap Kusmihadi.
Menanggapi hal itu, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda yang meninjau langsung tempat pembangunan IPAL mengatakan, pemanfaatan sistem ramah lingkungan ini diharapkan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat setempat agar dapat hidup lebih sehat.

Lihat Juga :  Pesantren Kiai Marogan, Gelar Bazar Sembako Murah

“Langkah ini kita ambil untuk menciptakan lingkungan kota yang sehat dan sanitasi berbasis alami, sehingga masyarakat Palembang dapat terjamin kesehatan lingkungannya. Selain itu nanti, akan ada kolam retensi dan ikan nya disana mereka bisa menikmati hidup sehat dari program pembangunan ini,” ujar Finda ditengah masyarakat komplek Safari Permai Karya Mulya Sematang Borang.
Lebih lanjut, Finda berharap mudah-mudahan program ini bisa berkelanjutan dan terus berpihak kepada masyarakat kecil.

” Dan tentunya, semua ini dilakukan untuk menciptakan pemerataan pemukiman yang jauh dari kota bisa merasakan hasil pembangunan,” tutupnya. (*)

Penulis: Jemmy Saputera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close