Uncategorized

Beragam Perizinan Bisa Diurus di Gedung ini, Mall Pelayanan Publik Palembang

AsSAJIDIN.COM —  Setelah dilakukan pengecekan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang memastikan jika Mall Pelayanan Publik (MPP) siap dilaunching pada awal Maret mendatang.

MPP Kota Palembang berada di gedung Sriwijaya Promotion Center (SPC) di Jakabaring. MPP melayani ratusan perizinan dari 30 jenis layanan baik pemerintahan kota, BUMD maupun BUMN. Diantaranya pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Diadukcapil), Ombudsman, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), PT Post, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, layanan Samsat, Kejaksaan juga Imigrasi.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa mengatakan, memiliki luas lahan 2 hektar, MPP Kota Palembang merupakan yang terluas. Merupakan MPP yang termegah dengan pelayanan publik internal Pemkot Palembang dan ekternal menjadi One Stop Service Area.

Lihat Juga :  Dipenjara 6 Bulan, Begini Perubahan Drastis Mandala Shoji,  Lebih Religi dan Hapal 5 Juz Alquran

“Meskipun tidak berada di tengah kota, tapi cukuplah MPP yang memberikan kemudahan dalam perizinan dan layanan publik lainnya,” katanya saat mengunjungi MPP Kota Palembang, Senin (17/2/2020).

MPP Palembang diakui sebagai pelayanan yang paling beragam. Kemenpan RB memberikan catatan karena ingin yang terbaik.

“Catatan biasa, seperti memperlebar space Disdukcapil karena merupakan layanan dasar yang harus diperhatikan, tempat charger dan memberi cat agar warnanya lebih bright,” katanya.

Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa, mengatakan, kunjungan ini memastikan persiapan peresmian dan launching MPP. Setelah ini pihaknya bersama Walikota Palembang akan melakukan audiensi dengan Wakil Presiden keberadan MPP Palembang.

“Berdasarkan Penilaian Deputi Menpan RB, MPP Palembang Merupakan Pelayanan publik terbesar dan terlengkap,” ujarnya.

Lihat Juga :  Express Recipes: How to make Creamy Papaya Raita

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palembang Akhmad Mustain mengatakan, MPP Palembang siap untuk dilaunching awal Maret.

“Untuk pelayanan publik, tidak ada biaya sewa dan Pemkot juga berikan fasilitas komputer, listrik, jaringan internet, selama untuk melayani masyarakat insya Allah disiapkan Pemkot,” katanya.

Di MPP ini ada sesuatu yang berbeda, seperti ungkap Mustain, disini disiapkan ruang konsultasi kejaksaan tersendiri, sehingga masyarakat dapat berkonsultasi mengenai hukum. Juga disiapkan ruang terbuka, untuk digunakan masyarakat untuk rapat ataupun aktifitas lainnya.

“Silakan jika ada masyarakat, ataupun komunitas yang mau menggunakan publik space di MPP,” ujarnya. (Kamayel Ar-Razi).

Close
Close