PARIWISATA

Wajah Baru Anak Sungai Musi Bertautkan Jembatan Cantik Warna-warni

 

AsSAJIDIN.COM  – Kota Palembang terus berbenah untuk mempercantik kawasan sungai, salah satunya Jembatan cantik yang berada di anak sungai Musi, Sungai Bendung Jalan Veteran Kecamatan Ilir III Kelurahan 9 Ilir Palembang.

Jembatan cantik yang dibangun oleh pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) bekerjasama dengan CSR Bank Rakyat Indonesia (BNI).

Walaupun belum sepenuhnya rampung, Namun, Jembatan cantik sudah banyak menarik peminat untuk dikunjungi, salah satunya Ima, Warga Pasar Kuto yang sengaja datang usai menjemput anak mengaji, Kamis (16/02/2020).

Jembatan warna warni di atas Sungai Bendung Palembang

“Kemarin saya lihat foto temen di facebook, terus hari ini sengaja langsung lihat dan ikutan ambil foto juga dijembatan cantik ini sama anak-anak,”katanya.

Lihat Juga :  Melihat Kampung Arab yang Ada di Palembang dengan Arsitektur Bangunan Lebih dari 350 Tahun Usianya

Menurutnya, tak hanya indah di mata, namun jembatan cantik juga nyaman dan aman bagi anak-anak yang berjalan di kembatan tersebut.  “Selain cantik, di sisi kanan dan kiri jembatan di pasang pelindung dan pegangan untuk anak-anak dan lansia,” Katanya.

Tak hanya bagi orang tua dan anak-anak, jembatan cantik juga menjadi spot poto di media sosial para pemuda pemudi.

Ayunan yang berada di tengah jembatan makin mempercantik serta warga yang duduk dapat menikmati suasana sungai yang tampak bersih dan tidak berbau.

Sementara itu, Topan Nasution, warga kenten laut mengatakan dengan adanya jembatan tersebut makin mempersolek daerah veteran yang dulunya kumuh menjadi tempat favorit warga dan menjadi daya tarik bagi warga asing.

Lihat Juga :  Sembilan Top Event Kota Palembang di Tahun 2020, Cek dan Jangan Sampai Terlewatkan

“Dulu ketika lewat daerah ini agak kumuh karena tumpukan sampah yang berbau busuk, sekarang alhamdulillah sudah bagus dan sampah 80% berkurang,” katanya.

Menurutnya, tak hanya peran pemerintah saja untuk mempercantik daerah sungai. Warga juga mempunyai peran penting atas kesadaran demi menjaga lingkungan agar tampak indah di lihat dan bertahan lama.

“Tinggal ditambah atap diatas jembatan dan kotak sampah disekitaran sungai agar mempermudah warga untuk membuang sampah pada tempatnya,” Kata Topan asli warga jambi yang tinggal di Palembang.

Ia berharap kedepan agar pemerintah memfasilitasi tempat untuk para pedagang disekitar jembatan agar semakin ramai.(*)

Penulis: Tri Jumartini

Tags
Close