KELUARGA

Bisa Tetap Gaul, ini Prinsip Seorang Muslim yang tak Boleh Ditinggalkan

ASSAJIDIN.COM — Gaul sepertinya sudah menjadi hal yang begitu trend saat ini. Para remaja menginginkan dirinya jadi bagian orang-orang gaul. Ya, gaul dalam arti selalu menjadikan gaya hidupnya sesuai dengan perkembangan zaman.

Sayangnya, remaja masa kini hanya bisa photo copy saja. Artinya, mereka hanya ikut-ikutan gaya dari idolanya atau dari bangsa luar dengan tidak memperhatikan syariat Islam. Padahal, sebagai remaja muslim, menjadi orang yang gaul juga harus memiliki prinsip. Sebab, pribadi muslim yang gaul itu tercermin dari prinsip tersebut. Apa sajakah prinsip itu?

1. Akidah yang Kuat dan Bersih
Akidah berarti keyakinan terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seseorang yang memiliki akidah yang kuat maka akan selalu berpegang teguh pada syariat Islam. Sebab, syariat itu berasal dari Allah. Dan akidah yang bersih bisa membuat seseorang akan lebih dekat dengan Allah.

Lihat Juga :  Etika dalam Berhubungan Suami-Istri Lengkap dengan Doa yang Diajarkan Nabi

2. Ibadah yang Baik
Remaja muslim gaul adalah yang memiliki prinsip dalam hal yang baik. Ya, mereka yang selalu beribadah sesuai dengan tuntunan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan Rasul-Nya. Mereka yang tidak mengedepankan hawa nafsu semata. Dan bergaya sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya.

3. Akhlak yang Kokoh
Siapa yang tidak ingin memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat? Tentu setiap orang menginginkannya bukan? Nah, salah satu caranya ialah dengan memperbaiki akhlaknya, menjadi akhlak yang baik. Kemudian akhlak itu diperkokoh agar tetap terus melekat pada dirinya. Dengan begitu, akhlak yang kokoh akan mampu mengantarkannya pada kebahagiaan, baik dunia maupun akhirat.

4. Pandai Menahan Hawa Nafsu
Hawa nafsu adalah pokok utama kehancuran manusia. Manusia yang hanya mengedepankan hawa nafsu maka hidupnya tidak akan bahagia. Ia hanya akan merasakan kegelisahan dan keresahan semata. Sebab, hawa nafsu hanya akan membuat seseorang membabi buta terhadap sesuatu. Hingga, perkara yang bertentangan dengan syariat pun akan ia lakukan demi memenuhi hawa nafsunya.

Lihat Juga :  Subhanallah Indahnya Akhlak Rasulullah, Aisyah pun Sampai Tersipu dan Meminta Maaf

Nah, sebagai remaja muslim gaul, penting bagi dirinya untuk menahan hawa nafsu. Jangan sampai, gejolak nafsu terus dipenuhi, padahal ia tahu bahwa tak selamanya keinginan harus terpenuhi.

5. Pandai Mengatur Waktu

Remaja muslim gaul ialah mereka yang mampu menjaga waktunya dengan baik. Mereka yang bisa menggunakan waktu yang telah Allah berikan itu dengan perkara yang baik-baik. Mereka tidak akan membiarkan waktu terbuang secara sia-sia. [*/Sumber INSPIRADATA]

Tags
Close