KELUARGA

Jangan Sia-siakan Orangtua Kita Selagi Mereka Ada di Muka Bumi

AsSAJIDIN.COM — Berbakti kepada orang tua ialah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap manusia, bukan hanya umat muslim. Dalam islam, berbakti kepada orang tua ialah salah satu amalan amalan yang paling tinggi derajatnya dan mulia, dalam hadits nabi disebutkan, ketika beliau menjawab pertanyaan para sahabat tentang amal-amal sholeh yang paling tinggi dan mulia,

“Shalat tepat pada waktunya … berbuat baik kepada kedua orang tua … jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Muhammad Nur Siddiq, seorang khotib sholat jum’at di masjid Al-jihad jl. Ariodillah, kota Palembang, dalam khutbahnya ia mengatakan “Bersyukur saat ini yang masih ada orang tuanya, jangan disia-sia kan, karena itulah ladang surga bagi kita, rugilah kita celaka kita jika kita menyiakan mereka” jum’at (24/1/2020).

Lihat Juga :  Jangan Segan Memuji Anak, ini Empat Manfaatnya

Ia menegaskan kepada jamaah, untuk selalu berbuat kebaikan kepada orang tua, dan jangan pernah disia-sia kan. Karena dalam hadits nabi bahwa ridho-Nya Allah itu tergantung kepada ridhonya orang tua dan murka-Nya Allah itu tergantung kepada murkanya orang tua.

Tak hanya sampai disitu, dalam khutbahnya ia juga memberikan cara-cara kepada jamaah yang ingin berbakti kepada orang tuanya yang sudah mendahului mereka.

Ada tiga yang cara, pertama rajin-rajin untuk mendoakan orang tuanya yang telah meninggal. Kedua, melakukan silaturahim kepada keluarga orang tua “datangi nenek, kakek, tante, oom, paman orang tua kalian, jalin silaturahim yang kuat” tuturnya. Yang terakhir, beramal sholeh, melakukan sedekah dan menghajikan orang tua “lakukanlah sedekah, dengan niat untuk orang tua begitu juga haji, meski tidak dilafazkan tidak apa apa, asalkan di hati sudah niat untuk menghajikannya” tuturnya.

Lihat Juga :  Astaghfirullah...Anak Bakar Rumah Orangtua, Ibunya Hanya Bisa Menangis

Sebagai umat muslim, sudah kewajiban kita untuk membahagiakan orang tua, sebab ialah yang telah membesarkan kita dan tak henti-hentinya mendoakan anak-anaknya dan jangan sampai disia siakan. “Kalau kita melakukan itu, bukan hanya orang tua, kita juga insyaAllah berkah dunia dan akhirat” tambahnya di akhir khutbah. (*)

Kontributor: Bima (mahasiswa magang)

Tags
Close