KESEHATAN

3 Jenis Sayuran ini Disebut dalam Alquran dan Berkhasiat

ASSAJIDIN.COM –Ada tiga sayuran yang disebutkan dalam Alquran secara bersamaan pada ayat ke-61 surah Al-Baqarah.

Ilmu pengetahuan mengungkapkan ketiga jenis sayuran ini memiliki khasiat yang utama bagi kesehatan. Menariknya, ketiga sayuran itu merupakan permintaan Bani Israel kepada Musa AS.

Berikut ini ketiga sayuran tersebut:

1. Mentimun
Rasulullah SAW gemar mengonsumsi timun dan kurma basah (HR Bukhari). Mentimun rendah lemak jenuh, kolestrol, dan sodium. Sumber vitamin A, asam pantotenat, magnesium, fosfor, dan magnesium. Mentimun ini juga tinggi kalium, karbohidrat, vitamin C dan K. Ada 30 khasiat mentimun bagi kesehatan. Seperti pencegah gangguan jantung, membantu pencernaan, dan mengatasi batu ginjal.

Lihat Juga :  Jangan Sering-sering Bermuka Masam, ini Bahayanya

2. Bawang Merah
Sayuran ini mengandung hormon auksin dan giberlin sebagai pengatur tubuh alami. Sayuran ini juga memiliki kandungan gizi berupa vitamin C, kalium, serat, dan asam folat.
Kandungan antiseptik dan senyawa alliin yang diproses enzim allinase menjadi antimikroba yang bersifat bakterisida. Beberapa khasiatnya antara lain, mengontrol kadar kolestrol, pencegah pertumbuhan sel kanker, dan mengontrol kader diabetes.

3. Bawang Putih
Konon berasal dari Mesir, sesuai dengan konteks turunnya ayat ke-61 surah al-Baqarah. Tradisi para Firaun menjadikan bawang putih sebagai barang suci dan sesajen untuk dewa mereka 5.000 tahun yang silam. Dunia Barat pun baru mengenal tanaman ini selama Perang Salib berlangsung.

Lihat Juga :  Antibodi Masyarakat Palembang Insyaallah 90 Persen Terlindungi Covid-19

Bawang putih mengandung protein, vitamin B, C, dan E, mineral, dan arang nabati. Selain itu juga terdapat protida, fostam oksida, dan antibiotik. Bisa untuk penawar tipus, gangguan tenggorokan, batuk, TBC, dan melawan kolestrol jahat.(*/SUMBER : REPUBLIKA)

Back to top button