KESEHATAN

Virus Corona Hebohkan Dunia, Bandara SMB II Palembang Pasang Thermal Scannerrus Corona

AsSAJIDIN.COM —  Akhir-akhir ini masyarakat dunia dikejutkan oleh wabah penyakit misterius di Tiongkok. Setelah identifikasi dilakukan, virus yang gejalanya mirip pneumonia ini diidentifikasi sebagai virus corona. Virus corona misterius mirip SARS telah menyebar di Cina dan membuat heboh dunia. Virus itu telah menginfeksi lebih dari 201 orang di Wuhan, Beijing, dan Shenzhen. Belum termasuk dua orang di Thailand dan seorang di Jepang. Mereka seluruhnya positif terinfeksi virus penyebab pneumonia tersebut–empat orang di antaranya meninggal.

Untuk mencegah masuknya Virus Corona di Provinsi Sumsel, pihak Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang memasang alat thermal scanner. Hal ini diungkapkan General Manager (GM) Bandara SMB II Palembang, Fahroji saat diwawancarai, Rabu (22/01/2020).

Fahroji mengatakan, saat ini pihaknya memasang alat thermal scanner di Bandara SMB II Palembang untuk mencegah masuknya virus Conora di Provinsi Sumsel. “Ya, kita pasang alat tersebut di pintu kedatangan internasional Bandara SMB II Palembang,” katanya

Lihat Juga :  Tangan dan Kaki Kaku-kaku, Waspada Serangan Asam Urat

Pemasangan alat Thermal Scanner tersebut sudah dikoordinasikan pihaknya dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). “Jadi, nanti petugas bandara akan melakukan pemeriksaan kepada para penumpang dengan sistem trackinv atau diperiksa tidak satu per satu penumpang,” ujar Fahroji.

Fahroji menjelaskan, dengan dipasangnya alat tersebut, maka para penumpang yang datang dari luar negeri akan terdeteksi suhu tubuhnya. Apabila suhu tubuh penumpang dideteksi melebihi manusia normal maka akan langsung diketahui. “Jadi Thermal Scanner ini nantinya menembak secara computerized dan langsung ditracking. Jadi muncul di komputer terkait suhu tubuh para penumpang,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya belum menemukan adanya penumpang dari luar negeri yang terdeteksi Virus Corona di bandara SMB II Palembang. “Jika tidak terdeteksi Virus Corona akan kami pulangkan namun jika terdeteksi maka akan kami kirim ke rumah sakit Muhammad Hoesin Palembang sebagai rumah sakit rujukan untuk penyakit menular,” ungkap Fahroji.

Lihat Juga :  Posting Percakapan dengan Sahabat di Medsos,  Aa Gym Nasihati Anak Muda yang Mania Main Game

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, Amelia mengatakan hingga saat ini Virus Corona belum ditemukan pada penumpang. Meskipun demikian, pihaknya tetap melakuan standar prosedur yang berlaku. “Tidak hanya di bandara, deteksi dini Virus Corona juga dilakukan di sejumlah pelabuhan kargo seperti di Pelabuhan Boom Baru, Kota Palembang dan pelabuhan Sungai Lumpur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dimana pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan thermometer infrared yang ditujukan kepada awak kapal satu per satu,” katanya singkat (*/sumber: sibernas/MN)

Tags
Close