LIFESTYLE

Yuk Intip, Cara Komunitas Teman Surga Palembang Selamatkan Remaja dari Pergaulan Bebas

AsSAJIDIN.COM — Sabtu malam, umumnya  waktunya untuk beristirahat bagi setiap anak-anak usia sekolah. Namun berbeda dengan remaja Komunitas Teman Surga Palembang mereka mengisi waktu istirahatnya dengan melaksanakan kegiatan Mabit Bareng Remaja (MABAR), di masjid Nurul Iman Dinas Kehutanan Palembang, Sabtu malam (18/1/2020).

Mengenai kegiatan ini, Penyelenggara kegiatan sekaligus pengisi materi mengatakan kegiatan ini untuk mempersiapkan generasi muda yang berkepribadian islam.

“Cara ini kami lakukan untuk mempersiapkan generasi muda terutama anak-anak sekolah supaya memiliki kepribadian islami dan berakhlak mulia seperti Rasulullah yang menjadi suri tauladan ummat islam dan remaja ini kelak sebagai penakluk Roma,” ujarnya.
Kak Oksa menceritakan bahwa dirinya termotivasi membuat acara mabit ini karena melihat banyak anak-anak remaja yang pada saat malam ahad mereka nongkrong, kumpul sama teman-temannya, bahkan banyak ada yang pacaran.

“Banyak sekali anak-anak remaja sekarang yang pacaran, nah jadi kami ingin menyelamatkan anak-anak remaja dari pergaulan bebas,” tambahnya.

Tema pada mabit ini yaitu sang pemuda penakluk Roma, karena setelah kota Constantinople yang ditaklukkan oleh Muhammad Al Fatih pada tahun 1453 Masehi.
Maka kota selanjutnya yang akan di taklukkan oleh ummat islam adalah kota Roma.

Lihat Juga :  Begini Cara Mencegah Tayangan Negatif di Youtube

أي المدينتين تفتح أولا : أقسطنطينية أو رومية ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم : مدينة هرقل تفتح أولا . يعني : قسطنطينية

Dua kota ini manakah yang dibuka lebih dulu: Constantinople atau Roma?’ Rasul menjawab, ‘Kota Heraklius dibuka lebih dahulu.’ Yaitu: Constantinopel’.”
(HR. Ahmad, ad-Darimi dan al-Hakim)

.

“Saya berharap kepada anak-anak Remaja yang mengikuti acara ini semoga mereka mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang lebih mengenai sejarah perjuangan Muhammad al fatih dan mereka termotivasi oleh perjuangannya” tegas Kak Oksa yang merupakan penulis buku Jodis ini.

Susunan acara mabit dimulai dari sholat isya’ berjamaah kemudian dilanjutkan membahas buletin remaja yang setiap pekan di terbitkan oleh Tim komunitas anak-anak remaja Teman Surga Palembang, selanjutnya dilanjutkan games ranking satu islami, kemudian makan bareng, istirahat tidur, selanjutnya sholat tahajud berjamaah, sholat subuh, tausiah subuh, dan terakhir muhasabah kepada anak-anak Remaja yang mengikuti agenda ini.

Lihat Juga :  Penjebol Menit Pertama Gawang Brunei Ternyata Alumnus Liga Santri Lho... Hantarkan Indonesia ke Semifinal AFF 2017

Fakhri salah satu peserta mabit menceritakan bahwa acara seperti ini harus didukung baik oleh keluarga, masyarakat, bahkan pemerintah karena ini kegiatan yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada sang pencipta Allah SWT.

“Alhamdulillah aku banyak dapat ilmu dari tadi malam acara mabit ini, Kegiatan ini harus di teruskan, jangan sampai sekali dua kali saja dan juga harus didukung, terutama keluarga, untuk mengikutkan ke acara ini,” ujarnya.

Di ujung acara Kak Oksa berharap kepada seluruh anak-anak remaja khususnya kota Palembang untuk bergabung dalam komunitas Teman Surga Palembang.
“Saya mengajak kepada seluruh anak-anak remaja kota Palembang untuk memfollow akun instagram komunitas kami @temansurgapalembang karena ada info tentang kegiatan dan agenda komunitas kami” ungkapnya di ujung acara. (*)

Kontributor: Muhammad Heru

Tags
Close