PENDIDIKAN

Soal Dibikin Sama oleh Disdik, Siswa Mengaku Soal Terlalu Sulit

AsSAJIDIN.COM — Hari ini pelaksanaan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) semester ganjil di kota Palembang tahun 2019 dilaksanakan serentak baik SD maupun SMP.

Ada yang berbeda pada PAS semester ganjil kali ini. Pasalnya, ini merupakan kali pertama Dinas Pendidikan Kota Palembang mengambil alih pembuatan soal yang selama ini kadang soal dibuat sekolah terkait, kadang UPT wilayah sekolah terkait.

Berdasarkan pantauan di sekolah, siswa mengaku tak begitu sulit menjawan beberapa soal yang dibuat. Baik soal pilihan ganda maupun essay.

Faisi, salah satu siswa SDN 39 mengatakan soal yang diujikan banyak yang telah dipelajari selama ini.

“Alhamdulilah soal gak terlalu sulit, banyak juga yang bisa saya jawab dan ada juga yang kesulitan,” ujar siswi kelas 3 ini usai selesai mengerjakan soal, Senin (2/12/2019).

Kata dia, ada beberapa soal yang diujikan dalam bentuk pilihan ganda dan jawaban uraian.

Kalau menurut siswa lainnya yakni Lukluk, siswi kelas 4 ini mengaku jumlah soal yang cukup banyak juga membuatnya harus berkonsentrasi menjawab. “Soal ada 50 soal pilihan ganda dan uraian,” katanya.

Lihat Juga :  Menghafal Alquran Semudah Gerakan Tangan, Yuk Ikut Majelis Tahfidz Marogan

Untuk tingkat kesulitan, kata dia cukup beragam. “Ada yang sulit dan ada juga yang mudah tapi sebagian besar soalnya sudah dipelajari semua,” tegas dia.

Diakuinya, selama ini kalau les ditempat guru soal yang keluar tak jauh beda tapi kali ini soalnya berbeda.

“Persiapan saya sih lebih belajar dan rajin baca-baca buku serta mengulangi soal-soal yang telah dipelajari,” bebernya.

Untuk hari pertama yang diujikan yakni Tematik dan Pendidikan agama.

Kepala SDN 39 Palembang, Linda Ermelia mengatakan pelaksanaan PAS hari ini berlangsung aman dan lancar.

“Alhamdulilah semua siswa ini hadir semua dihari pertama pelaksanaan Penilaian Akhir Sekolah ini,” jelasnya.

Kata dia, selama ujian berlangsung pun tak ada kendala. Semua soal dan lembar jawaban cukup dibagikan kepada siswa.

Ia mengatakan ditahun ini memang sedikit berbeda karena soal yang dibuat biasanya dari sekolah melainkan dibuat langsung oleh Diknas.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya soal-soal ini kan di buat sendiri oleh sekolah tapi sekarang berbeda. Karena itu ujian ini jiga digelar serentak semuanya,” jelad dia.

Lihat Juga :  Tiga Bulan Lancar Baca Alquran dengan Metode Qiroah, ini Kontaknya

Bahkan tambah Linda, pihak sekolah pun harus mengambil sendiri soal-soal yang diujikan untuk kelas 3,4 , 5 dan 6 ini.

“Untuk kesiapan siswa juga alhamdulilah mereka semua siap walaupun soal ini dibuat Diknas karena selama satu semester ini sudah diajarkan dan dibimbing,” tegas dia.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala SDN 57 Palembang M Fazkurullah SPd MSi. Ia mengatakan hari pertama ujian semester ganjil ini berjalan lancar.

“Semua siswa masuk semua tak ada yang tak mengikuti ujian,” jelas dia.

Tambahnya, tahun ini adalah tahun pertama soal dibuat oleh Disdik Kota Palembang dan semuanya sama. “Kalau menurut saya ini lebih bagus dan lebih mudah dengan soal yang dibuat oleh Disdik,” jelas dia.

Bahkan ia berharap tahun depan kelas 1 dan kelas 2 juga bisa dibuatkan oleh Disdik.”Untuk ujian ini memang ada sistem remidial jika nilai siswa tak memenuhi standar minimal tapi kami optimis bisa capai standar,” pungkasnya. (*/sumber: sibernas.com/sugi)

Tags
Close