INTERNATIONAL

Karim Benzema Posting Foto Sedang Bekam, Tulisnya: Pemulihan, Khabib Nurmagomedov pun Berkomentar

AsSAJIDIN.COM — Bintang sepak bola muslim asal Prancis, Karim Benzema, bari-baru ini mencuri perhatian. Dia mengupload foto di instagram milinya, foto sedang dibekam, pengobatan tradisional ala nabi dan sangat akrab dilakukan di Indonesia.

Diketahui unggahannya di Instagram, Rabu (13/11/2019). Foto yang diunggah Benzema memperlihatkan 12 mangkuk bekam yang terpasang di punggungnya saat menjalani terapi.

“Pemulihan,” tulis Benzema sebagai keterangan foto tersebut.

Unggahan tersebut menarik banyak komentar warganet. Menariknya, salah satu komentar berasal dari bintang UFC asal Rusia, Khabib Nurmagomedov. Petarung martial art yang juga seorang muslim itu menulis: “Pemulihan terbaik,” disertai sebuah stiker OK.

Komentar juara bertahan UFC yang menumbangkan McGregor beberapa waktu lalu itu pun sontak mencuri perhatian. Dilihat pada Kamis (14/11/2019) sore, komentar positif dari Khabib itu telah mendapat 188 balasan dari warganet.

Lihat Juga :  Gadis Asal Malaysia, Jadi Muslimah Berhijab Pertama Juara Gulat Profesional, Begini Sosoknya

Ya, bekam memang tercatat sebagai pengobatan sejak zaman Mesir Kuno, sekitar 3.000 tahun yang lalu. Teknik terapi menggunakan mangkuk kecil itu berupaya menarik darah ke permukaan. Terapi ini dipercaya membuat tubuh terasa segar karena peredaran darah kotor yang dipaksa keluar.

Bekam juga merupakan pengobatan yang dianjurkan Nabi. Berikut ini beberapa hadis Nabi tentang bekam:

Dari Said bin Jubair RA dari Ibnu Abbas RA dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda: “Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: minum madu, sayatan pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas.” (HR. Al-Bukhari)

Dari Ibnu Abbas, beliau berkata, “Nabi SAW berbekam dan memberikan upah kepada tukang bekam. Seandainya Nabi mengetahui bahwa hal tersebut terlarang, tentu Nabi tidak akan member upah kepadanya.” (HR Bukhari)

Lihat Juga :  Subhanallah.... Perjuangan Istri Erdogan 'Jihad' ke Myanmar

Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kalian semua melakukan pengobatan bekam di tengah tengkuk, karena sesungguhnya hal itu merupakan obat dari 72 penyakit.” (HR Thabrani)

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam).” (Muttafaq ‘alaihi)

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika pada sesuatu yang kalian pergunakan untuk berobat itu terdapat kebaikan, maka hal itu adalah bekam (hijamah).” (HR. Ibnu Majah, Abu Dawud). [*/sumber: islampos]

Tags
Close