PALEMBANG EMAS

Pencaker Diminta Sabar, Penerimaan CPNS Baru akan Ada Februari 2020

ASSAJIDIN.COM — Pendaftaran CPNS 2019 yang digadang-gadang 1 Oktober ini dibantah Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional Wilayah VII. Dipastikan penerimaan akan dilakukan Februari 2020. Hal ini lantaran persiapan yang dilakukan oleh Kemenpan RB belum matang.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional Wilayah VII, Agus Sutiadi mengatakan, pengumuman penerimaan CPNS ini memang ditunggu-tunggu. Ia menegaskan tidak ada penerimaan tahun ini dan diharapkan masyarakat tidak sembarang menerima informasi secara mentah-mentah.

“2019 tidak ada penerimaan CPNS, Februari 2020 baru ada lagi,” katanya saat dihubungi, Selasa (1/10/2019).

Agus mengatakan, jika pendaftaran dilakukan akhir tahun ini juga, itu akan sangat terburu-buru. Sebab, hingga saat ini persiapan untuk penerimaan ini belum tuntas.

Berdasarkan kajian rencana pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS 2019, jika pengumuman dilakukan bulan ini dan pendaftaran November, pengumuman seleksi Administrasi Desember 2019.

Lihat Juga :  Tangkal konflik di Kota Palembang, Pemkot Lantik 306 anggota FKDM

Kemudian baru akan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Februari 2020. Kemudian pelaksanaan Seleksi Kompetensi Basic (SKB) pada Maret dan Integrasi nilai SKD dan SKB pada April 2020.

“Harusnya jika dibandingkan tahun lalu selesainya lebih awal, akhir tahun itu SKB juga biasanya sudah selesai dan sudah jelas siapa yang lulus dan yang tidak,” katanya.

Lantaran persiapan yang masih berlangsung dan ini menjadi kewenangan pemerintah pusat, maka pelaksanaan pendaftaran CPNS pada bulan Februari 2020

Diketahui, pada penerimaan CPNS 2018, pemerintah menyiapkan anggaran ratusan miliar rupiah untuk penerimaan 4,5 juta pendaftar CPNS se-Nasional.

Sementara itu, sebelumnya Pemerintah Kota Palembang telah mempersiapkan untuk menerima kembali CPNS tahun ini. Pihaknya pun telah meminta kuota untuk diterima di Lingkungan Pemkot Palembang.

Lihat Juga :  Artis Mualaf Virgoun Meriahkan Pembukaan MTQ Kota Palembang

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang, Riza Pahlevi mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum mendapatkan informasi mengenai penerimaan CPNS. Meskipun sebelumnya pemerintah kota telah mengajukan kuota untuk di Palenbang.

“Belum ada informasi sampai sekarang, nanti jika pun sudah ada langsung diumumkan kepada masyarakat yang berminat,” ujarnya.

Kuota yang diajukan sebelumnya dinyatakan Sekretarus Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, yang didapatkan tahun ini Kota Palembang untuk CPNS 566. 566 kuota CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 378, total semuanya 944.

Penerimaan CPNS ini juga untuk mencukupi kebutuhan tenaga kerja di lingkungan Pemerintah Kota Palembang. Sebab, berdasarkan catatan BKPSDM, September hingga Desember ini ada 180 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pensiun. (*/Sumber: maklumatnews.com/Kamayel Ar-Razi)

Tags
Close