MOZAIK ISLAM

Sikap Wara’ Salman Al Farisi dan Quote Menyejukkan dari Qasim Alju’i

ASSAJIDIN.COM — Di masa rasulullah ada sahabat nabi yang begitu santun dan rendah hati, padahal dia bukanlah orang biasa. Dia pemimpin sebuah kaum.. Dialah Salman Al Farisi.

Al Hasan berkisah, “Gaji untuk Salman Al Farisi lima ribu. Dia menjadi gubernur bagi tiga puluh ribu rakyat muslimin. Jika gajinya diberikan, dia langsung menghabiskannya untuk bersedekah, sementara dia sendiri makan dari hasil anyaman tangannya sendiri.”

Adalagi kisah Qasim Al ju’i Beliau adalah seorang Wali besar dari Damaskus yang belajar hadits dari Sufyan ibn Uyainah. Dia wafat di tahun 248 Hijriah.

Inilah pesan/quote beliau saat bercerita di tengah halaqah murid-muridnya. Masih sangat cocok untuk diresapi oleh manusia di zaman ini.

Lihat Juga :  Hendra Tergugah Suara Adzan Lalu Putuskan Mualaf

“Manfaatkanlah waktu kalian agar jangan sampai terjatuh dalam lima perkara ini, yaitu: jika kalian datang, kalian tidak dianggap, jika kalian tidak datang, kalian tidak dicari, jika kalian bersaksi, kalian tidak diajak bermusyawarah, jika kalian mengatakan sesuatu, perkataan kalian tidak diterima, dan jika kalian mengetahui sesuatu, kalian tidak diberi kesempatan untuk mengutarakannya.”

Aku juga mewasiatkan pada kalian lima perkara: jika kalian didzalimi, maka janganlah kalian membalas berbuat dzalim, jika kalian dipuji, janganlah berbangga diri, jika kalian dicela, janganlah kalian merasa terhina, jika kalian dipancing untuk marah, jangalah kalian marah, dan jika mereka mengkhianati kalian, janganlah kalian balas mengkhianati mereka.” wallahulam bishawabi. (*)

Tags

Berita Terkait

Close