POLITIK

MUI : Demi Persatuan, Redam Kasus UAS

ASSAJIDIN.COM — MUI minta kasus Ustadz Abdul Somad (UAS) diredam demi persatuan. Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (MUI), Masduki Baidlowi mengatakan, jika ini dibiarkan maka akan menjadi persoalan yang merembet ke ranah lainnya.

“Jadi kasus UAS ini bisa menjadi perkara yang ditumpangi oleh pihak lain sehingga kondisi nasional tidak kondusif. Oleh karena itu kita harus meredam semua ini,” katanya dikutip dari Okezone di Gedung MUI pusat.

Untuk mejaga kesatuan dan persatuan negara, kata Masduki, memang harus diredam supaya keragaman agama di Indonesia tetap rukun dalam perbedaan.

“Maka dari itu kita panggil UAS, dan lalu menjelaskannya, ini akan kita selesaikan tidak dalam ranah hukum. Tapi kita mau silaturahim ke berbagai tempat ke tokoh-tokoh agama ke tempat-tempat masyarakat,” ujarnya.

Lihat Juga :  Perempuan Pemimpin Kepala Daerah Harus Lebih Peka terhadap Isu Perempuan

Penyelesaian ini akan dilakukan secara kultural. “Jangan sampai video viral lainnya yang berkaitan dengan agama juga ikut dipersoalkan. MUI pun akan fokus menjadi jembatan untuk persoalan tersebut. Sedangkan ranah hukum kami tidak mau masuk.”

“Ya sudah, mungkin kalau persoalan hukum ya kita tidak masuk ke wilayah itu. Fokus kita ke dalam persoalan-persoalan yang bisa meredam dan persoalan nasional bisa meredam kembali,” tambah Masduki. (*)

Tags

Berita Terkait

Close