MOZAIK ISLAM

Niatkan Mengaji dan Mengkaji Alquran untuk Lebih Dekat dengan Allah dan Memperbaiki Akhlak

AsSAJIDIn.COM –– Moba La-tansa menggelar Workshop Training of Trainer dengan tema Mengaji Alquran dan mengkaji bahasa Alquran dengan Hati, Kamis (22/8/2019). Sebagai nara sumber Dosen Universitas Utara Malaysia (UUM) Prof. Dr Azharuddin Sahil.
Menariknya workshop ini banyak diikuti oleh kaum muslimah, terutama ibu-ibu, tapi ada juga bapak-bapak yang mengikuti kajian yang diadakan tanpa dipungut biaya ini.

Azharuddin menjelaskan dalam mengkaji atau mengaji Alquran tujuan yang sering dilakukan adalah agar bisa membaca Alquran. Tapi sebenarnya, tujuan mengaji dan mengkaji Alquran itu tujuan utama adalah agar semakin dekat dengan Allah SWT dan memperbaiki akhlak.
“Target dalam mengkaji Alquran adalah sebagaimana khoirukum man ta’alamal Qur’an pada dasarnya kita merasa senang, bangga dan bahagia kita semakin dekat dengan Allah,” ujarnya.
Nova, dari Moba Latansa mengatakan workshop ini diikuti dengan jumlah peserta 38 orang. “Kebanyakan dari kalangan pengajar TPA,” ujarnya.

Lihat Juga :  Tak Terungkap dalam Sejarah RA Kartini Muslimah yang Pandai Mengaji dan Keukeuh dalam Iman Islam

Lebih lanjut, Prof Azharudin menjelaskan Ketika masuk kelas mengaji dan mengkaji Alquran yang harus ditumbuhkan adalah rasa syukur, senang, semangat dan bermakna. Dan juga jangan sampai membuat rasa takut, itu bisa menimbulkan konsentrasi belajar yang terganggu. “Yang perlu dipahami dalam belajar Alquran adalah kaidah yang digunakan, modul, gurunya, tujuan dalam belajar dan hasil setelah belajar,” terang pria yang pernah mondok di Pesantren Gontor.

Demikian pula yang dapat mempengaruhi keberhasilan mengajar Alquran adalah niat dan maklamat atau tujuan. “Kebanyakan tujuan hanyalah agar bisa membaca Al-quran, tujuan yang sebenarnya dari belajar Alquran adalah semakin dekat dengan Allah SWT,” jelasnya.

Azharudin mengingatkan untuk setiap mengaji dan menkaji Alquran jangan lupa untuk mengucapkan doa, dan bismillah, mohon perlindungan Allah dan bimbingan-Nya.
(*)

Lihat Juga :  Herman Deru Ajak Santri Gemar Mengaji

Kontributor: Ali Munandar

Tags

Berita Terkait

Close