NASIONAL

Herman Deru Kurban Sapi “Bule” Dampingi Sapi Ongole Kurban Jokowi, akan Disembelih Panitia Kurban Masjid Agung

ASSAJIDIN.COM — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru di Hari Raya Idul Adha akan berkurban sapi jenis Semintal.

Hal ini diungkapkan Pemilik sekaligus Pengelola Dwikarya Farm, Idil Fitriansyah saat diwawancarai, Sabtu (10/8/2019).

Idil mengatakan, Gubernur Sumsel membeli sapi untuk kurban hari raya idul adha tahun ini dipeternakannya yaitu Dwikarya Farm yang ada di Jalan Pangeran Ayin, Sako. “Untuk sapi yang dibeli Gubernur Sumsel beratnya hampir sama dengan yang punya pak Presiden Jokowi yaitu 1.1 ton,” katanya

Untuk sapi yang Jokowi beratnya 1.137 kg sedangkan yang punya pak Herman Deru 1.107 kg dengan panjang 2,5 meter. “Jadi beratnya tidak jauh berbeda, sapinya juga sama-sama dari Lampung. Namun untuk jenis berbeda, yang Jokowi Peranakan Ongole (PO) dan Herman Deru jenis Simental. Untuk harganya juga tidak jauh berbeda,” ujar Idil.

Lihat Juga :  Persiapkan Diri Berpuasa, Tak Lama Lagi Ramdhan Tiba

Dikutip dari Wikipedia, Sapi simmental adalah bangsa Bos Taurus, yang berasal dari daerah lembah Simme yang terletak di Oberland Berner di negara Switzerland (Swiss), tapi perkembangannya lebih cepat di benua Eropa, Amerika dan Australia juga di New Zealand (Selandia Baru) yang kini juga banyak dikembangkan di Indonesia terutama Lampung. Warna kulitnya yang kemerah-merahan membuat sapi ini disebut sapi bule.

Idil menjelaskan, kalau di peternakannya itu ada berbagai jenis sapi seperti sapi Bali, PO, Simental dan limosin. Sapi-sapi tersebut diambil dari Lampung dan jawa. “Perasaannya tentu senang Presiden dan Gubernur Sumsel membeli sapi di kandang saya. Ini untuk pertama kalinya Presiden dan Gubernur sekaligus di tempat yang sama,” jelasnya.

Lihat Juga :  Ribuan Warga Padati Tabligh Akbar Ustad Abdul Somad, ini Pesan-pesannya Dalam Rangka HUT RI

Lebih lanjut diungkapkannya, sapi Gubernur Sumsel akan diantarkan pihaknya pada hari ini (Sabtu, 10/8) ke Masjid Agung Palembang. “Nantinya untuk tempat makan dan makanan akan tetap disuplai dari kami (Dwikarya Farm),” ungkap Idil. (*/Sibernas/MN)

Tags

Berita Terkait

Close