LIFESTYLE

Doa Memakai Pakaian Baru Wujud Syukur kepada Sang Maha Pemberi

ASSAJIDIN.COM — Setiap langkah kita dalam hidup ini mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali tidak terlepas dari kasih sayang Allah. Sepatutnya kita bersyukur.

Syukur dapat diwujudkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan berdoa dan mengucapkan pujian pujian kepada Sang Maha Pemberi.

Pun ketika diberi nikmat mengenekan baju baru, Rasulullah mengajarkan doa sebagai berikut yang seharusnya diamalkan dalam rangka bersyukur kepada Allah.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

“Allahumma lakal hamdu anta kasawtaniihi. As-aluka min khoirihi wa khoiri maa shuni’a lah, wa a’udzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a lah (artinya: Ya Allah, hanya milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya).

Lihat Juga :  Sandiaga Uno Sukses Kaya Raya, Ternyata Istrinya Mengamalkan Ayat Ini

الَ أَبُو نَضْرَةَ فَكَانَ أَصْحَابُ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا لَبِسَ أَحَدُهُمْ ثَوْبًا جَدِيدًا قِيلَ لَهُ

Abu Nashroh mengatakan, “Biasanya sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika melihat salah seorang sahabat mengenakan pakaian baru mereka mengatakan padanya,

تُبْلِي وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى

“Tubliy wa yukhlifullahu Ta’ala (artinya: Kenakanlah sampai lusuh. Semoga Allah Ta’ala memberikan gantinya ke-padamu).”

Kata Abu Sa’id Al Khudri, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendapatkan pakaian atau baju baru entah itu gamis atau imamah (penutup kepala), beliau membaca doa tersebut.” (HR. Abu Daud no. 4020 dan Tirmidzi no. 1767. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadits di atas dibawakan oleh Imam Nawawi dalam Bab “Doa yang diucapkan ketika mengenakan pakaian baru.”

Lihat Juga :  Orang Marah Dekat dengan Setan, inilah Cara Menahan Amarah

Doa terakhir ini (tubliy wa yukhlifullahu ta’ala) adalah doa ketika seseorang melihat saudaranya mengenakan pakaian baru.

Semoga kita dapat mengamalkan doa-doa ini. Hanya Allah yang memberi taufik.

(*/Sumber : Rumaysho.com)

Tags

Berita Terkait

Close