LIFESTYLE

Tersenyumlah, Rasakan Tiga Manfaatnya Sekaligus Menurut Peneliti

AsSAJIDIN.COM — Rasanya salah satu gerakan di bagian wajah yang mudah untuk dilakukan adalah tersenyum. Betul tidak?

Kalau tidak percaya, coba senyum sekarang, tarik 2 cm bibir ke kanan dan ke kiri, terbentuklah senyum.  Ya, tak berat untuk membuat gerakan senyum. Tapi mengapa orang masih banyak tak bisa tersenyum dengan kebahagiaan orang lain? Mengapa orang susah senyum ketika berpapasan dengan orang yang kurang disuka? Berpapasan dengan orang yang lebih tua, bertemu dengan tetangga, kok susah untuk senyum.

Tersenyum ternyata banyak manfaatnya. Bahkan Islam menjadikan senyum dihitung sebagai pahala sedekah.Senyum harus singkron dengan hati. Senyum yang tulus tentu beda dengan senyum basa-basi. Apalagi kalau tersenyum sendiri tanpa sebab. Nah, hati-hati saja kalau itu..

Ada beberapa keistimewaan yang harus diketahui di balik senyuman.

Pertama, Bersedekah merupakan salah satu ibadah yang berpahala di sisi allah.

Lihat Juga :  Dua Hal yang Membuat Abubakar Marah

Bagaimana bila kita tidak mempunyai uang, namun kita ingin bersedekah? Tenang, Islam adalah agama yang tidak memberatkan. Dalam ajaran Islam bersedekah tidak harus dengan materi. Salah satu bentuk sedekah yang paling ringan adalah tersenyum.

Dari Abu Dzar ra, Rasulullah SAW bersabda: “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban).

Kedua, senyuman dapat mengubah mood dan berfikir lebih positif.

Bayangkan saja jika suatu hari Anda merasa kesal, jengkel, ataupun kecewa karena suatu hal, maka terkadang orang lain memberi solusi anda untuk mencoba tersenyum atau menghibur Anda sehingga tersenyum. Nah, jika Anda tersenyum, maka percayalah mood Anda yang tadinya kurang baik dengan senyuman yang anda berikan, maka semuanya akan berubah begitu saja maka pikiran yang tadinya negatif akan berubah menjadi positif.

Lihat Juga :  Bolehkah Laki-laki atau Perempuan Memanjangkan Kuku Menurut Islam?

Menurut penelitian yang di terbitkan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health tahun 2010 menyatakan bahwa tersenyum dapat dengan mudah meningkatkan mood dan pikiran positif, sehingga kamu juga akan terhindar dari stres dan depresi.

Ketiga, tersenyum dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Faktanya menurut para ahli, tersenyum benar-benar dapat meningkatkan kesehatan fisik kita juga. Saat tersenyum tubuh kita akan lebih rileks yang pastinya akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan sistem imun tubuh kita pun akhirnya akan lebih meningkat.

Banyak sekali manfaat atau hal menakjubkan yang kita tidak ketahui di balik senyuman, poin–poin di atas merupakan salah satu dari beribu ribu manfaat tersenyum. Maka tidak ada salah nya kita untuk tersenyum, mudah bukan? Ingat! 2cm ke kiri, 2 cm ke kanan dan tersenyumlah. [*/islampos.com]

Tags

Berita Terkait

Close