MOZAIK ISLAM

Syekh Ali Jaber Beri Tips Cara Menghafal Alquran dengan Mudah

 

ASSAJIDIN.COM — Hendaklah setiap diri umat muslim berniat untuk menjadi penghafal Al-Qur`an sebagai cita-cita dan target dalam hidup.

Hal ini dikatakan Syech Ali Jaber saat berkesempatan memberi tausiah di masjid Raya Citra Grand City Palembang Jumat pekan lalu. Di hadapan ratusan jemaah Syekh Ali Jabber menyarankan untuk menjadikan Alquran pedoman hidup. Salah satunya dengan menghafal ayat Alquran dan melaksanakan isi kandungannya.

“Bayangkan saat kita mau tidur suatu saat kita menjadi hafal seluruh Al-Qur`an, dan ilmu tersebut bermanfaat dan mendapat keberkahan di dunia dan akhirat,” katanya.

Salah satu untuk menghafal Al-Qur`an yang disarankan Syekh Ali Jabber.

Lihat Juga :  Menag: Penikaman Pendakwah, Kriminal, Pelaku Harus Ditindak

Baca terlebih dahulu ayat Al-Qur`an yang akan kita hafalkan secara berulang kali
Kita cukup pahami dan pahami ayat-ayat yang akan kita hafalkan, jangan kita ingat dan jangan untuk berusaha menghafalkan, cukup dipahami saja
Kemudian kita mengfal kan dengan cara yang telah diajarkan.

Intinya, hafalkan sesuai kemampuan masing-masing, jika hanya mampu hafal satu ayat tak mengapa atau setengah halaman, satu halaman, atau bahkan dua halaman saja.

“Jangan tambah lagi ke halaman berikutnya kalau bener masih ragu dengan halaman yang kita hafalkan karena nanti akan mempersulit kita ke halaman selanjutnya .

Lihat Juga :  Lansia Mengaji: Menebar Cinta Alquran di Usia Senja

“Mungkin metode ini dapat membantu kita dalam menghafal Al-Qur`an dengan mudah dan dapat memahami secara cepat dan tidak perlu untuk terlalu repot dalam menghafal Al-Qur`an,” jelasnya.

Yang terpenting, kata Syekh tanamkan niat yang ikhlas agar tidak timbul ujub (bangga diri), ingin dikenal dan supaya dipanggil hafizh, karena keikhlasan sangat berperan dalam menghafal Al-Qur`an. “Seseorang diberi ganjaran sesuai apa yang ia niatkan. Jadikan lah Al-Qur`an sebagai pedoman dan panduan hidup agar terwujud dalam perilaku dan akhlak,” katanya. (*)

Kontributor: Srikanti

Back to top button