MOZAIK ISLAM

Pandai Memanfaatkan Waktu, Salah Satu Kunci Belajar Alquran

ASSAJIDIN.COM — Syekh Ali Jaber tak pernah surut untuk terus mengajak umat Islam memahami dan menghafal Alquran. Dalam kesempatan empat kali tablikh akbar atau tausiah di masjid di Palembang, isi materi tausiah kurang lebih sama, yakni menghafal Alquran.

Tablik akbar diadakan rutin setiap 2 bulan sekali seperti yang diadakan tepat pukul 19.30 Jumat 26 juli 2019 lalu di Masjid  Raya Citra Grand City bakda sholat isya berjamaah.
‘’Membaca cukup di dalam hati dengan melihat setiap ayat ayatnya,
dengan menutup mata dan bayangkan setiap ayat ayat yang dibaca,
lalu lafalkan dengan membanyangkan surah yang akan dihafalkan,” kata Syekh memberikan cara enghafal Quran bagi umat Islam.

Lihat Juga :  Inilah Harta Warisan Rasulullah yang Dibagi-bagi tak Terputus Hingga Kini

Harus dicamkan bahwa menghapal Alquran ternyata bukan pekerjaan mudah bagi sebagian orang. Meski sudah mencoba berkali kali, ayat ayat Alquran belum tertanam dalam ingatan. Mengapa?

“Mungkin karena kurang serius, belum ikhlas, atau perlu banyak lagi berbuat baik,” katanya.

Semua muslim sebenarnya sangat mudah untuk menghapal al-quran dan tidak dibatasi oleh usia. “Bahkan bahkan di usia yang masih sangat muda usia 4 tahun sudah bisa mulai menghapal,’’ ujar Syekh Ali Jaber.

Memang bukan pekerjaan yang mudah menghapal Al-quran, jika tidak pandai pandai memanfaatkan waktu. “Keinginan menghapal Alquran hanya menjadi keinginan saja tidak mendapat hasil,” katanya.

Karenanya luangkan waktu yang cukup untuk mengaji. Mengaji bukan sekadar mengaji, tapi serius dalam menghayati, mempelajari dan memahami Alquran. “Insya Allah Alquran akan terpatri di dalam hati dan pikiran,” katan Syekh Ali Jaber. (*)

Lihat Juga :  Pesan Rasulullah : Jadilah Engkau Seolah Musafir dan Ahli Kubur 

Kontributor : Arum

Tags

Berita Terkait

Close