Uncategorized

Sambut HUT RI, Ada Lomba Gapura Cinta Negeri, Pemenang Bakal Bertemu Presiden

 

AsSAJIDIN.COM —  Menindaklanjuti surat Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) dan Kementrian Sekertariat Negara (Kemensetneg) mengenai penyambutan Hari Ulang Tahun RI ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah kota Palembang mewajibkan 18 kecamatan untuk menyelenggarakan Festival Gapura Cinta Negeri tingkat Rt/RW dalam merebutkan piala Presiden.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, kegiatan ini tidak boleh menggunakan dana APBD Kota Palembang dan CSR. Menurutnya moment ini harus dibawa ke tingkat nasional.

Setelah dimusyawarahkan ada tiga kecamatan yang akan ikut serta mengikuti lomba yaitu Ilir Timur 1, Plaju dan Ilir Timur 3. “Kita menginginkan agar semua kecamatan untuk terlibat dalam lomba ini ke tingkat nasional,” katanya usai rapat perlombaan Gapura Cinta Negeri di Setda Kota Palembang, Senin (22/7/2019).

Lihat Juga :  Menag: Januari 2019 Honor Penyuluh Agama Dinaikkan

Sementara itu Kabag Pembangunan Pemkot Palembang Zuriyati mengatakan, perlombaan ini dalam rangka menyambut HUT RI ke-74. Untuk kreteria gapura tersebut yaitu menampilkan ornamen kedaerahan dan semangat Kemerdekaan.

“Hari ini kita panggil Kecamatan dan Kelurahan karena lomba ini diikuti oleh masyarakat RT/RW yang akan menghias gapura masing-masing. Petunjuk teknisnya dibuat dari masyarakat untuk menonjolkan ciri khas daerah masing-masing,” katanya.

Lomba ini dimulai dari 15 Juli hingga 15 Agustus mendatang. Dalam proses tersebut peserta perwakilan akan diseleksi oleh pihak pemkot setelah ada rekomendasi dari camat untuk penentuan gapura yang akan diikutsertakan pada lomba nasional ini.

Lihat Juga :  Berutang untuk Menikah, Bolehkah?

“Untuk itu kepada peserta yang mengikuti lomba ini harus memenuhi persyaratan diantaranya mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura dan 6 foto hasil karya gapura dari berbagai sudut. Tanggal 30 dan 31 Juli kita mulai kirim dokumentasinya karena batas akhir pengiriman tanggal 7 Agustus,” tuturnya.

Zuriyati mengatakan, 10 pemenang akan diundang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden RI ketika penyerahan penghargaan. Penilaian sendiri dilihat dari kerjasama masyarakat ketika menghias gapura dan seberapa kreatifnya hiasan.

“Kita optimis bisa 10 besar, maka kerjasama OPD terkait sangat diperlukan,” ujarnya. (pitria)

Back to top button