INTERNATIONAL

Gadis Asal Malaysia, Jadi Muslimah Berhijab Pertama Juara Gulat Profesional, Begini Sosoknya

AsSAJIDIN.COM — Olahraga gulat identik dengan kaum pria. Tapi bukan berarti perempuan tidak bisa melakukanya. Gulat juga bisa menjadi bidang olahraga yang digeluti kaum perempuan jika mereka mampu untuk itu.

Pun terkait hijab, sejatinya memang bukan menjadi penghalang bagi wanita Muslim, untuk melakukan sesuatu yang diinginkan, berkarya, dan berprestasi. Contohnya sosok Nor Diana, dara 19 tahun asal Malaysia ini berhasil meraih titel sebagai juara gulat profesional, tanpa mengenyampingkan status dirinya sebagai perempuan yang berhijab.

Hal tersebut menjadikan dirinya sebagai juara gulat profesional berhijab pertama di dunia, seperti dikutip Halalzilla, belum lama ini.

Bertanding di gelaran Malaysia Pro Wrestling’s (MYPW) Fightback pada 6 Juli 2019 lalu, Nor berhasil menjadi juara wanita pertama, dengan titel Wrestlecon Champion.

Lihat Juga :  Ada yang Coba Kaitkan Serangan Gereja Texas dengan Islam, Padahal Pelakunya Adalah...

Sebagai pegulat profesional, Nor diketahui memiliki julukan sebagai “The Phoenix”. Di kala bertanding, Nor kala itu diketahui satu-satunya pegulat hijaber yang bertanding. Tidak hanya itu, bahkan di dalam ring ia melawan pegulat pria.

Cukup mengagumkan melihat bagaimana Nor Diana di usia 19 tahun sudah mampu meraih prestasi gemilang. Mengingat kecintaan Nor pada olahraga gulat baru dimulai sekitar lima tahun lalu, yakni saat usianya masih 14 tahun karena sering memainkan permainan video games dan menonton acara WWE TV Shows dengan adik laki-lakinya.

Setelah itu, Nor mendalami konten olahraga gulat selama satu tahun. Kemudian ia berlatih secara intensif, di bawah bimbingan pelatih Ayez Shaukat Fonseka.

Lihat Juga :  Al Hasan, Putra Indonesia, Raih Juara Lomba Hafalan Alquran di Makkah, Pangeran Faishal Beri Hadiah Fantastis

Menariknya, dulu saat bertanding Nor Diana mengenakan peralatan lengkap mulai dari celana, rompi kulit, undersuit dan lengkap dengan topeng Luchador, hadiah dari sang pelatih. Dengan peralatan lengkap tersebut, penampilan Nor Diana sebagai atlet gulat profesional di atas ring terlihat bernuansa androgini.
Namun pada akhirnya, pada saat bertanding di MYPW, ia memutuskan untuk berani tampil bertanding tanpa atribut topeng Luchador tersebut, dan mengungkapkan identitas jati dirinya sebagai hijaber.

Dengan bertanding sebagai atlet gulat yang mengenakan hijab, Nor Diana berharap bisa menginspirasi pegulat lainnya, terutama para wanita muda dan Muslim untuk mengejar mimpi mereka dan bergabung dengan dirinya di MYPW.(*/sumber: okezone.com)

Tags
Close