SOSOK

Tips Sederhana Donita Cara Memilih Makanan Halal

ASSAJIDIN.COM — Artis canti, Donita yang juga istri presenter Adi Nugroho, punya cara sederhana tapi jitu bagaiman memilih makanan halal.

Donita berbagi tips memilih makanan halal bagi sesama muslim yang suka wisata kuliner. “Soal makan, bukan cuma kenyang dan enak,” kata Donita di Sebuah restoran khas Jepang, Jakarta, belum lama ini.

Ketika memilih kuliner halal, Donita memperhatikan kebersihan tempat dan alat memasak, kualitas makanan, sampai bahan serbuk bumbu .

“Keterangan no pork atau tidak mengandung babi itu belum cukup untuk menunjukkan apakah makanan ini halal atau tidak,” ucap Donita.

Donita yang seorang pecinta makanan Jepang, mengungkapkan bahwa kuliner dari Negeri Sakura kerap menggunakan bumbu masak berbahan alkohol. “Kita tahu masakan Jepang itu rata-rata dimasak menggunakan alkohol. Nah, mirin (bumbu penyedap khas Jepang) itu mengandung alkohol,” tuturnya.

Lihat Juga :  Idap Kanker Otak Stadium IV, Agung Hercules Tetap Hadapi dengan Ceria dan Tabah

Donita pun membeberkan cara untuk memastikan makanan Jepang seperti seperti shabu-shabu, yakiniku, dan teriyaki, yang sering dikonsumsinya itu benar-benar halal. Menurut Donita, dirinya cukup selektif dalam memilih restoran. Donita biasanya mencari tahu ulasan dari orang-orang yang pernah makan di restoran halal yang dia tuju.

Bagi Donita, kebersihan tempat, peralatan memasak, cara memasak, sampai penyajiannya juga harus diperhatikan. “Sebab saya makan bukan hanya untuk nutrisi tubuh sendiri,” ucap Donita yang masih menyusui anak keduanya itu. [] /SUMBER: TEMPO)

Tags
Close