SYARIAH

Bacaan Dzikir Ketika Keluar Rumah

AsSAJIDIN.COM –– Mengingat nama Allah, itulah hakikat dzikir. Untuk apa mengingat Allah? Agar kita senantiasa berbuat kebaikan, melaksanakan perintahnya, meninggalkan larangannya.
Hal yang paling penting dari semua itu adalah agar kita meraih ridho-Nya, itulah tujuan hidup kita .

Ketika kita keluar rumah, ada dzikir yang sebaiknya diucapkan karena mengandung manfaat yang luar biasa.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ: “بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ” قَالَ: « يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ. فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ

Lihat Juga :  7 DZIKIR KETIKA TERBANGUN DI TENGAH MALAM MENURUT HADIST NABI

“Jika seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca (zikir): Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, walaa haula wala quwwata illa billah (Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan-Nya), maka malaikat akan berkata kepadanya: “(sungguh) kamu telah diberi petunjuk (oleh Allah Ta’ala), dicukupkan (dalam segala keperluanmu) dan dijaga (dari semua keburukan)”, sehingga setan-setanpun tidak bisa mendekatinya, dan setan yang lain berkata kepada temannya: Bagaimana (mungkin) kamu bisa (mencelakakan) seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga (oleh Allah Ta’ala)?”.

Lihat Juga :  One Day One Ayat and Hadist : Perintah Ikhlas dalam Ibadah dan Bermasyarakat

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan orang yang mengucapkan zikir ini ketika keluar rumah, dan bahwa ini merupakan sebab dia diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga oleh Allah Ta’ala. Aamin. Wallahualam bisshawab. (*/sumber: muslim.or.id)

Back to top button