LIFESTYLE

Lima Solusi Islam agar Hidup Tenang dan Bahagia

ASSAJIDIN.COM — Pernahkah kita mengalami resah dan gelisah. Resah akan rezeki akan datang. Gelisah bagaimana anak anak nanti melangsungkan pendidikan yang makin mahal? Belum lagi persoalan lain yang memang lumrah dialami setiap manusia.

Berikut lima solusi dengan cara Islam yang bisa dilakukan agar dapat melalui masalah kehidupan dengan tenang.

1. Mengharap Ridho Allah, berbuat baik dan menjaga Sholat

Cara Agar Hati Tenang Yang Pertama ialah kembali pada Allah, memohon ridhonya dengan berbuat baik dan menjaga dan mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya. Hal ini dikarenakan Sholat Wajib Lima Waktu merupakan salah satu Rukun Islam, Kewajiban Seorang Muslim dan telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk dikerjakan dan dilakukan. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala tentang Sholat Wajib Lima Waktu bisa kalian lihat didalam Al Qur’an, salah satunya didalam Surat Al Baqarah Ayat 43 berbunyi : ” Dan dirikanlah Sholat, tunaikan’lah Zakat dan Ruku-lah bersama orang-orang yg ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 43) ”.

2. Memperbanyak Dzikir

Cara Membuat Hati Tenang Yang Kedua ialah memperbanyak Berdzikir kepada Allah Subhanahu wa ta’ala karena maksud dari Berdzikir sendiri ialah selalu mengingat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Perlu kalian ketahui juga bahwa didalam salah satu Keutamaan Membaca Dzikir adalah dapat membuat hati kita menjadi Tenang dan Tentram. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Ar Rad Ayat 28 bahwa Allah SWT berfirman berbunyi : ” Yaitu Orang2 yg beriman dan hati mereka menjadi tentram dg mengingat Allah. Ingat-lah, hanya dg mengingati Allah-lah hati menjadi tentram (QS. Ar-Ra’d Ayat : 28) ”.

Lihat Juga :  Tiga Hari Digelar, Kesempatan Uji Emisi Gratis, Ini Lokasinya

3. Mengerjakan Sholat Sunnah Malam

Cara Agar Hati Menjadi Tenang Ketiga ialah menjaga dan mengerjakan Sholat – Sholat Sunnah, terutama Sholat Sunnah Malam seperti Sholat Sunnah Malam Witir, Sholat Sunnah Malam Taubat, Sholat Sunnah Malam Istikharah dan Sholat Sunnah Malam Tahajuddan Sholat Sunnah lainnya. Hal ini dikarenakan Seorang Muslim yg rajin mengamalkan Amalan Ibadah Sunnah secara umum, maka dia akan menjadi wali Allah yg istimewa. Firman Allah Ta’ala berbunyi : ” Ingat’lah, sesungguhnya Wali Allah itu, tidak ada ke’khawatiran terhadap mereka dan tak pula mereka Bersedih Hati. Yaitu Orang2 yg beriman dan mereka selalu bertakwa (QS. Yunus, Ayat 62 dan 63) ”.

4. Membaca, Memahami, Mengamalkan Al Qur’an

Cara Agar Hati Bisa Tenang Yang Keempat adalah dengan membaca, mengamalkan dan mendengarkan Al Qur’an. Hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah Ta’alaa berbunyi : ” Allah sudah menurun’kan perkataan yg paling baik yakni Al-Qur’an yg serupa (mutu Ayat2’nya) lagi berulang-ulang, gemetar karna kulit orang2 yg takut kepada Tuhan’nya, kemudian menjadi Tenang Kulit dan Hati mereka di Waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dg kitab itu Dia menunjuki siapa yg dikehendaki’nya. Dan barangsiapa yg disesatkan Allah, niscaya tak ada bagi’nya seorang pemimpin pun (QS. Az-Zumar, Ayat : 23) ”.

Lihat Juga :  Fenomena Remaja Zaman Now,  Beli Kuota Internet Rp 100 Ribu/Bulan Masih Kurang, Biasakan Juga Sisihkan Dana untuk Bersedekah

5. Sabar, Percaya dan Bersukur Kepada Allah Ta’alaa

Cara Agar Hati Tenang Kelima adalah dengan selalu bersabar dan percaya bahwa ini semua telah Allah atur, serta selalu bersukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita sebagai hambanya. Ingat bahwa dengan Bersukur maka kita sebagai Seorang Muslim akan selalu sadar bahwa apa – apa yg kita miliki dan kita hadapi, itu tidak lain dan tidak bukan telah Allah Subhanahu wa ta’ala mengaturnya, sehingga jika kita yakin dan berserah diri hanya kepada Allah Ta’alaa maka tentunya kita tidak akan merasa khawatir dan takut, karena kita percaya bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala akan selalu ada bagi Orang yang Beriman.

Tags

Berita Terkait

Close