MOZAIK ISLAM

Usai Kajian Komunitas The Ghuroba Palembang Salurkan Sedekah Jemaah kepada Anak Yatim

ASSAJIDIN.COM — Pada bulan Ramadhan 1440 Hijriah, komunitas.bernama The Ghuroba Palembang, mengadakan program Ifthar setiap hari Jum’at sore di Masjid Al-Ra’iyah kompleks DPRD Kota Palembang.

Panitia yang juga anggota komunitas the Ghuroba Palembang Ibnu Suandi Al Sungsangi didampingi rekan-rekan tim menjelaskanIfthar adalah salah satu ibadah di bulan Ramadan dan sering dilakukan oleh sebuah komunitas, seperti mengkaji Kitab Sahih yang biasanya berkaitan dengan bulan Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz-ustadz yang biasa mengisi Kajian setiap Jum’at sore, dan berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama.

Ifthar dilakukan biasanya sebelum waktu Magrib atau juga setelah waktu Magrib. Secara tradisional, kurma adalah hal pertama yang harus dikonsumsi ketika berbuka.

Lihat Juga :  One Day One Hadist : Kebaikan Luar Biasa ketika Mengucap Alhamdulillah

Selain itu juga, panitia The Ghuroba menerima donasi dari seluruh jama’ah Masjid Al-Ra’iyah dan masyarakat Kota Palembang, dengan tujuan untuk diberikan kepada para anak-anak yatim Dhuafa yang ada di Kota Palembang. Donasi tersebut bisa berupa uang, makanan, minuman, dan barang, namun biasanya para donatur memberikan donasi berupa uang, dan dari uang tersebut panitia The Ghuroba menyiapkan Parcel atau bingkisan untuk diberikan kepada anak-anak yatim dhuafa.

“Kami menyiapkan Persel ini setiap hari Jum’at dan Minggu sebanyak 40 sampai 60 parcel, namun terkadang jumlah parcelnya tidak menentu, tergantung dari jumlah donasi yang masuk, bisa sampai 500 parcel,” ujar Suandi.

Para anak yatim Dhuafa serta pendamping datang langsung ke Masjid Al-Ra’iyah DPRD, sebelum acara kajian dimulai. Mereka antusias ikut dalam kajiannya.

Lihat Juga :  Khotib Shalat Istisqo: Beristighfarlah Agar Allah Turunkan Hujan

Panitia The Ghuroba membagikan Parcelnya kepada anak yatim seusai Sholat Magrib langsung di dalam masjid, diberikan satu orang satu parcel, isi Parcelnya berupa Snack, roti-roti, sereal, minuman susu.(*)

Kontributor : Dedi Nurcahyo

Tags

Berita Terkait

Close