ISLAMIC SCHOOL

SDIT Al Furqon : Latih Ramadhan Anak Dengan Kegiatan Manfaat

ASSAJIDIN.COM PALEMBANG – Memasuki pekan III Ramadhan 1440 Hijriah, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Furqon Palembang menggelar Sanlat, Iftor dan Mabit yang bertujuan membentuk karakter siswa, untuk dapat memahami makna puasa dengan kegiatan-kegiatan positif.

Ustadz Abdul Hadi, Ketua Pelaksana Sanlat yang dibincangi AsSajidin di Gedung Daarul Jannah mengungkapkan, jika Sanlat atau yang biasa dikenal dengan sebutan pesantren kilat ini adalah agenda rutin tahunan yang selalu di adakan  Sekolah SDIT Al Furqon untuk memberikan pesan moral kepada para siswa agar dapat memanfaatkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

“ Kita ada beberapa agenda yang nantinya akan di jalankan oleh semua siswa dari kelas I hingga kelas V. Dimulai dari tanggal 20 Mei 2019 hingga 24 Mei 2019,” tuturnya.

Lihat Juga :  SMPIT AL Furqon Raih 18 Tropi

Selama rentan waktu tersebut, ujar Ustadz Abdul, pihak sekolah sudah menyiapkan beberapa kegiatan selain materi -materi dikelas. Diantaranya adalah, lomba Adzan, Dai, Tahfidz Quran, Kaligrafi, dan Olimpiade.

“ Disamping lomba-lomba tadi, pihak Sekolah juga mengadakan pelatihan qolbu yang meliputi praktek sholat hari raya, pembagian bakti social meliputi pembuatan parcel yang nantinya ditujukan untuk anak-anak panti dan korban bencana alam,”ungkapnya.

Selain itu, kata Ustadz Abdul, acara puncak yang berlangsung, Jumat (24/5/19) nanti akan diadakan pelatiahan pelajaran mental. Dimana anak-anak akan belajar hidup mandiri, karena selain menyiapkan makan buka puasa dan sahur sendiri mereka juga dilatih untuk terbiasa menjalankan rutinitas puasa agar maksimal.

Lihat Juga :  Wisuda Akbar SIT Al Furqon, Kado Indah Menyambut Ramadhan

“ Jadi mereka itu, nanti akan menginap di sekolah. Kami melibatkan semua utadz ustadza untuk memantau kegiatan ini, lagipun hanya anak kelas V dan VI saja yang mengiikuti nya. Tujuan kita sebenarnya sederhana, mengingatkan mereka bahwa puasa tahun ini mereka sudah dilatih untuk mulai dewasa. Ya, hitung-hitung kesan yang baik bagi anak-anak kelasa VI, mengingat mereka sudah lulus dari sini,” pungkasnya.

Editor : Jemmy Saputera

Close