EKONOMI & BISNIS

Lebih Cepat Capai Tujuan, Tol Palembang-Lampung akan Difungsikan Musim Mudik Tahun ini, tidak Dipungut Biaya

 

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COm — Kabar gembira bagi pemudik di lebaran tahun 2019 ini yang ingin pulang ke Sumatera atau ke Jawa. Jalan Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Lampung akan difungsionalkan pada arus  mudik lebaran.

Para pemudik pun dapat lebih cepat mencapai tempat tujuan, lantaran melalui jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Lampung tersebut dapat memangkas jarak hingga 48 kilometer, Selasa (7/5/2019).

Pimpinan Proyek Tol Pematang Panggang – Kayuagung, Fahrudin Haryanto menjelaskan secara fisik ruas tol Pematang Panggang- Kayuggung sudah dapat dilewati para pemudik.

Hanya saja untuk mengetahui bisa atau tidak dilintasi oleh pemudik, pihaknya masih menunggu evaluasi dari Korlantas dan Kementrian Perhubungan untuk kelayakannya.

“Secara fisik tol sudah dapat dilalui pada lebaran ini. Tetapi belum diputuskan, karena masih menunggu hasil rapat di pusat pada hari ini,” jelasnya.

Lihat Juga :  Menhub Imbau Warga Hindari Mudik Lebaran Pakai Motor

Ia menjelaskan, secara keseluruhan pengerjaan fisik ruas tol Pematang Panggang-Kayuagung sudah mencapai 89.8%.

Adapun fokus pengerjaan saat ini memasuki tahapan interchange atau simpang susun tempat keluar masuk kendaraan dan pengaspalan hotmix Kayu Agung, dengan target diprediksi akhir Juli-Agustus sudah rampung.

“H-10 lebaran para pemudik sudah dapat melalui tol karena sudah difungsionalkan. Untuk fungsional ini para pemudik tidak dipungut biaya mudik lewat jalan tol” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, untuk Jalan Tol Trans Sumatera yang siap digunakan untuk Mudik Lebaran 2019 sepanjang 503 km.

Tol Trans Sumatera yang siap dipakai mudik terdiri dari Tol Operasional sepanjang 278 km yakni Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km, Palembang-Indralaya sepanjang 21,93 km, Medan-Binjai Seksi 2 & 3 sepanjang 10,46 km, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 62,11 km dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa sepanjang 42,7 km.

Lihat Juga :  Ustadz Abdul Shomad Dizalimi, Sultan Bolkiah : "Kami Akan Boikot Seluruh Bisnis Hongkong di Brunei"

“Rencananya mudik tahun ini PUPR akan membuka tol fungsional sepanjang 225 km,” kata Danang.

Tol fungsional tersebut terdiri dari Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 189 km, Kayuagung-Palembang-Betung 33 km, dan Medan–Binjai Seksi sepanjang 1 2,8 km.

Kemudian, pada Jalan Tol Trans Sumatera terdapat 1 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar KM 20+700.

Jelang arus mudik lebaran 2019, pihaknya akan terus lakukan pemantauan secara rutin jalan tol ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung hingga H-10 perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Kita terus lihat perkembangannya, guna memastikan kesiapan jalan tol pada arus mudik lebaran tahun ini,” terangnya. (*/sumber: sripoku.com)

Tags
Close