MOZAIK ISLAM

Buka Bersama Jemaah Masjid Al Mukmin, Wujud Kebersamaan dan Berbagi

ASSAJIDIN.COM — Salah satu nikmat di bulan Ramadhan adalah bisa berbuka puasa bersama dengan sesama muslim. Hal ini juga dirasakan jemaah di Masjid Al-Mukmin yang terletak di Jalan Mayor Mahidin Kecamatan Kemuning Palembang.

Di hari ke-4 Ramadhan, Kamis (9/5/2019) pengurus masjid mengadakan buka puasa bersama jemaah masjid sekitar.

Ketua Umum Masjid Al-Mukmin, Muhammad Zainul Musthofa mengatakan, jumlah jemaah yang mengikuti buka puasa bersama mencapai 40 orang.
Jumlah ini terdiri dari jemaah yang tinggal di sekitar masjid, maupun musafir yang singgah untuk berbuka puasa dan salat.

“Menu untuk buka bersama hari ini kita sediakan nasi dan pempek untuk jemaah jumlahnya 40 kotak dan sesuai dengan perkiraan dari tahun sebelumnya,” kata Musthofa.

Lihat Juga :  Seru Bukber Bareng Santri Rumah Tahfidz Rahmat, Assajidin Group dan Rumah Zakat

Masjid Al-Mukmin Palembang sudah 2 tahun ini mengadakan buka puasa bersama jemaah sekitar, buka puasa bersama dilakukan 1 Minggu 3 kali setiap bulan Ramadan.

Jemaah mengawali buka puasa dengan berdoa setelah itu minum dan makanan pembuka berupa makan pempek dan buah-buahan.
Selanjutnya para jemaah mengikuti Salat Magrib bersama, dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Buka bersama adalah salah satu kegiatan saling membantu satu sama lain dimana semua orang memberikan sesuatu yang dapat dipakai maupun dimakan.

“Intinya di bulan suci Ramadhan ini dianjurkan untuk saling berbagi sesama muslim maupun non muslim karena kita tidak memandang suatu perbedaan,” ujar Bayu salah satu jemaah yang berbuka puasa bersama di masjid tersebut.(*)

Lihat Juga :  One Day One Ayat and Hadist : Dahsyatnya Nikmat Bagi yang Berinfak/Bersedekah Setiap Hari

Kontribitor : Deni

Tags
Close