SUMSEL MAJU

Hilal Tertutup Awan di Langit Palembang

AsSAJIDIN.COM — Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kanwil Kemenag Sumsel menggelar proses rukyatul hilal awal Ramadhan 1440 H yang di laksanakan di hotel Aryaduta Palembang tepatnya di heliped lantai 18, Minggu (6/5/2019). Pantauan digelar mulai pukul 16.00-18.00.

Kakanwil kemenang Sumsel H AlFajri Zabidi memantau langsung pemantauan hilal dibantu alat teloskop yang dilakukan petugas Rukyatul hilal yang dikirim dari kementerian agama kota Palembang.

Alat ini mempermudah para petugas untuk memantau hilal. Namun setelah dipantau, kondisi Palembang yang sejak pagi hujan dan mendung, membuat hilal tidak terlihat dari pantauan petugas.
Kakanwil Kemenag Sumsel
H.M Al- Fajri zabidi mengatakan perhitungan matahari terbenam pukul 17.58 menit lewat 48 detik ketinggian hilal dalam hitungan 5 derajat 46 menit 27 detik di atas ufuk mar ‘i.
Untuk Asia tenggara sendiri di atas 2 derajat ini secara rukyat. “Karena kondisi cuaca dan mengamati ini kita dalam kondisi yang tidak tepat dan juga di tambah faktor cuaca yaitu terhalang oleh awan jadi hilal tidak terlihat,” katanya.

Lihat Juga :  Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan, Senin 6 Mei 2019

Tetapi menurut perhitungan sudah masuk 5 derajat 46 menit 27 detik di ufuk mar’i. “Ishaa Allah bisa di perkirakan 1 Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin 6 Mei 2019,” ujarnya.
Hasil rukyat yang dilakukan di Palembang akan dilaporkan ke pusat dan kemudian di kumpulkan dengan provinsi lain di Indonesia. “Pengumuman resmi melalui sidang isbat, yang dilakukan Menteri Agama melalui direktur urusan agama islam dan pembinaan syariah kemenag RI Jakarta.

Fajri mengingatkan bila ada perbedaan dalam hasil penentuan 1 Ramadhan jangan disikapi cara keras. “Ini namanya pemahaman masing-masing kita saling menghargai,” demikian Fajri. (*)

Kontributor: Arif nur Rahman,
Ikhsandi Nugraha, Imam Fajari

Tags

Berita Terkait

Close