EKONOMI & BISNIS

Harga Ayam dan Bawang Putih Melonjak Tajam Jelang Ramadhan, ini Langkah Disdag

ASSAJIDIN.COM — Menjelang bulan suci Ramadhan, Harga bahan pokok pangan dan sembako rumah tangga mengalami kenaikan. Kenaikan harga didominasi jenis sembako sepertiĀ  bawang putih dan ayam.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Palembang Zuriyati mengatakan pihaknya beserta perdagangan provinsi, Gubernur dan lainnya sudah turun ke lapangan pada Sabtu (27/04/2019).

“Memang ada kenaikan, masih pada taraf wajar. Namun, memang harga bawang putih yang melonjak naik hingga 50 ribu per kilogramnya,” katanya, Kamis (02/05/2019).

Bahkan pantauan di pasar, harga bawang putih tembus Rp 80 ribu/kg.

Dinas Perdagangan Kota Palembang bekerja sama dengan Satgas Pangan dari pihak Kepolisian dan juga tim Penanggulangan Inflansi Daerah yamh dipimpin oleh Bank Indonesia (BI).
“Tugas kita itu mengawasi harga bahan pokok dan menjaga stabilitas harga serta ketersediaannya, jangan sampai ada penimbunan nantinya. Kita mengawasi karena pasar didominasi oleh pemerintah kota, kita awasi setiap hari dan kita laporkan melalui online ke Kementerian dan Bank Indonesia sehinggga bisa dipantau, “katanya.

Lihat Juga :  Hukum Jual Beli Barang yang Digadaikan Menurut Islam

Ia juga menghimbau untuk para pedagang agar membeli bawang putih di distributor dan harga jual juga sudah di tentukan. “Bawang putih dengan harga 22.000 perkilo sehingga pedagang tidak boleh menjual lebih dri 30.000 perkilogram,” katanya usai meresmikan Kantor Unit Meterologi Legal Dinas Perdagangan Kota Palembang.(*)

Reporter Tri Jumartini/Deny Wahyudi

Tags

Berita Terkait

Close