Uncategorized

Dana BPKH Aman untuk Tambahan 10 Ribu Kuota Haji Musim Haji 2019

 

JAKARTA, AsSAJIDIN.COM — Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu, menepis anggapan terkait menipisnya dana haji.

Diketahui, baru saja Kementerian Agama dan DPR menyepakati anggaran penambahan kuota untuk 10ribu jemaah haji yang bertolak menuju Mekkah, pada musim haji 2019 ini.

“Dana BPKH berkecukupan dan aman. Tidak ada satu rupiah pun dana haji digunakan langsung untuk kepentingan infrasturuktur,” ujar Anggito dalam rilis Divisi Komisi dan Humas BPKH, Rabu (24/4/2019).

Dalam keterangan itu, dinyatakan dana haji yang dikelola oleh BPKH hingga April 2019 mencapai Rp115 triliun atau meningkat Rp10 triliun dalam setahun.

Dana ditempatkan dan diinvetasikan melalui berbagai instrumen keuangan syariah yang aman dan optimal.

Lihat Juga :  Berutang untuk Menikah, Bolehkah?

BPKH memproyeksikan nilai manfaat Rp7,3 triliun akan digunakan untuk dana operasional haji tahun 2019.

Sementara menyoal penambahan kuota sebanyak 10 ribu jemah haji, BPKH mendukung pembiayaan efisien pengadaan Saudi Arabia Riyal (SAR) senilai Rp65 miliar, dan optimalisasi nilai manfaat Rp55 miliar.

Dari total kebutuhan biaya Rp353,7 miliar, BPKH akan memberikan kontribusi Rp120 miliar, sebesar Rp50 miliar dari efisien opetasional oleh Kemenag, dan Rp183,7 miliar dari APBN.(*)

Tags
Close